UNBK SMA 2018

UNBK SMA 2018 di Gresik, Empat Sekolah Terkendala Koneksi Server

Empat SMA di Gresik terpaksa memanfaatkan server milik SMK yang lebih dulu menggelar UNBK. Ini alasannya...

UNBK SMA 2018 di Gresik, Empat Sekolah Terkendala Koneksi Server
surabaya.tribunnews.com/sugiyono
Layar monitor yang menampilkan hasil rekaman CCTV yang menyorot para peserta UNBK SMA 2018 di Gresik, Senin (9/4/2018) 

SURYA.co.id | GRESIK - Empat SMA di Gresik yang menggelar UNBK terpaksa memanfaatkan server SMK yang sudah lebih dulu menggelar UNBK. Hal ini terjadi karena proses sinkronisasi yang membutuhkan waktu terlalu lama. 

Kendala ini disampaikan Kepala Cabang Dinas Puji Hastuti ketika inspeksi mendadak di beberapa SMA saat pelaksanaan UNBK.

“Terkendala sinkronisasi dan server cadangan. Pelaksanaan UNBK sangat membutuhkan server cadangan meski server utama sudah dalam keadaan baik,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Gresik Puji Hastuti, Senin (9/4/2018).

Empat sekolah yang terkendala server itu di antaranya adalah MA Muhammadiyah 1 Sidayu, MA Tarbaiatul Watin Panceng, 

Sementara, tim Auditor Inspektorat 1 Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indah Setyawati, mengharapkan pelaksanaan UNBK di Gresik berjalan lancar. Dengan sekolah-sekolah menyediakan server.

“Demi kelancaran UNBK 100 persen, maka setiap sekolah harus memiliki server cadangan,” kata Indah.

Sementara, Kepala SMAN 1 Gresik Suswanto, memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar, sebab komputer yang disediakan sebanyak 42 dan 4 server.

"Yang dipakai hanya 32 komputer, sisanya digunakan cadangan. Dan server bisa digunakan cadangan. Termasuk untuk menjaga listrik padam juga disediakan ganset," kata Suswanto saat mendampingi tim Auditor.

Untuk mengawasi siswa melakukan UNBK, di SMA 1 Gresik disiapkan CCTV di masing-masing kelas. Sehingga pengawas tidak perlu masuk kelas.

"Ada 4 kelas masing-masing kelas dilengkapi CCTV. Kemudian pengawasan dapat dilakukan dari ruang kepala sekolah dan ruang umum," imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved