Surya/

Berita Jember

Pastikan UNBK Berjalan Lancar, Polres Jember, PLN, dan Dinas Pendidikan Kunjungi Sejumlah  Sekolah

Demi kelancaran pelaksanaan UNBK tingkat SMA, Senin (9/4/2018) Polres bersama dengan PLN Jember sidak kesiapan pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah.

Pastikan UNBK Berjalan Lancar, Polres Jember, PLN, dan Dinas Pendidikan Kunjungi Sejumlah  Sekolah
surya/erwin wicaksono
Suasana sidak Polres Jember bersama PLN dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember di SMAN 2 Jember. 

SURYA.CO.ID | JEMBER - Demi kelancaran pelaksanaan UNBK tingkat SMA tahun 2018, hari ini Senin (9/4/2018) Polres bersama dengan PLN Jember melakukan sidak kesiapan pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah, yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan MAN 1 Jember.

Sidak ini bertujuan  pemantauan langsung ke sekolah-sekolah guna menjaga pelaksanaan ujian berjalan baik dan lancar.

"Hari ini kami Polres Jember bersama dengan PLN melakukan sidak kunjungan ke beberapa sekolah sebagai sampel, dalam rangka terlaksananya Ujian Nasional Berbasi Kompute,r" terang AKBP Kusworo Wibowo, Kapolres Jember.

Berdasarkan pantauan, Kusworo menjelaskan kondisi sekolah kategori baik dalam pelaksanaan UNBK hari ini. Semua prasarana penunjang pelaksanaan UNBK seperti komputer, koneksi internet dan listrik dalam kondisi baik dan tidak ada kendala.

"Kita sempat sambangi empat sekolah tadi, komputernya baik tersedia cukup prasarananya juga siap, ini kami lakukan demi mempersiapkan lancarnya ujian anak bangsa," tambahnya

Terkait keikutsertaan PLN dalam sidak hari ini adalah berdasarkan koordinasi Polres Jember dengan beberapa guru yang khawatir dengan pemadaman listrik, untuk itu AKBP Kusworo Wibowo menggandeng PLN untuk memantau selama pelaksanaan UNBK.

“Atas kekhawatiran para guru soal pemadaman listrik, kita sudah koordinasi dengan PLN dan PLN Jember melaksanakan siaga 1, seperti siaga 1 lebaran. Artinya dipastikan pada saat pelaksanaan ujian tidak ada pemadaman listrik, walaupun seandainya ada gangguan listrik, kepala dinas pendidikan sudah mengantisipasi dengan adanya genset. Namun tetap harapannya tidak ada lagi gangguan,” jelasnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Jember Lutfi Isa Ansori yang turut hadir dalam sidak menyampaikan, terkait kendala listrik dan antisipasinya. Pihaknya sudah mempersiapkan genset di setiap-setiap sekolah yang melaksanakan UNBK tingkat SMA.

“Langkah antisipasi menyiapkan genset tersebut, sudah jauh-jauh hari kami lakukan. Selain kami juga berkoordinasi dengan pihak PLN. Kemudian juga sebagai langkah antisipasi lain, atas izin dari provinsi, (jeda waktu pelaksanaan ujian) biasanya satu jam, kami majukan menjadi setengah jam,” ujar Lutfi.

“Jadi jika saat sore hari di Jember ini hujan, tidak mengganggu pelaksanaan ujian,” sambungnya.

Terkait kebutuhan akses internet, agar pelaksaan UNBK yang sangat membutuhkan jaringan agar dapat online secara penuh.

“Sekolah-sekolah pinggiran (yang jaringan internetnya agak susah), menggunakan pemasangan tower, tidak menggunakan jaringan speedy (internet dengan kabel biasa). Server juga kita siapkan dan ada cadangan. Bahkan jika ada siswa yang terpaksa tidak bisa ikut ujian, minggu depan dapat ikut susulan,” pungkasnya.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help