Surya/

Citizen Reporter

Jangan Hanya Teori, Langsung Action Seperti Ormawa Ini

Menjadi anggota ormawa jangan hanya berteori. Ormawa di STKIP Al Hikmah Surabaya membuatkan kandang bebek untuk warga yang membutuhkan.

Jangan Hanya Teori, Langsung Action Seperti Ormawa Ini
pixabay.com

Sebelum terjun ke dalam organisasi, mahasiswa perlu mendapatkan pembekalan agar aktivitas di organisasi menjadi lebih bermanfaat. Selain belajar berorganisasi, mereka harus tetap bisa unggul dalam akademik.

Leader takes action, not just position adalah tema yang diusung panitia Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) untuk para pemimpin organisasi mahasiswa (ormawa) STKIP Al Hikmah Surabaya.

LKMM-TD diadakan di Keputih Timur, Surabaya Utara. Tema itu berarti pemimpin tidak hanya menjadi eksekutor yang hanya memimpin kelompok, namun juga berperan aktif dalam menjalankan kegiatan di lapangan.

LKMM-TD dilaksanakan sekitar 40 jam yang dikemas dalam waktu empat hari, Kamis-Minggu (8-11/3/2018). Selama empat hari itu 20 jam in door dan 20 jam out door.

Di hari pertama terdapat tiga materi yang disampaikan yaitu mengembangkan potensi mahasiswa dalam berorganisasi, pengorganisasian, dan merancang proposal program. Hari berikutnya diisi dengan materi berkait dengan sponsorship, analisis kondisi lingkungan, hingga manajemen program kerja.

Kemudian di akhir sesi, para peserta LKMM-TD ditantang untuk berdebat dengan pejabat-pejabat BEM-SI dan PMII mengenai isu-isu nasional. Hal ini membantu para peserta LKMM-TDdalam berpikir kritis dalam meyelesaikan masalah.

Tak selesai sampai hari itu saja, LKMM-TD ini dilanjutkan pada hingga hari keempat. Para peserta digiring dan dibagi menjadi sembilan kelompok. Mereka ditantang untuk melakukan perjalanan panjang dalam waktu yang singkat untuk melatih problem solving.

Selain itu, mereka harus menjalankan beberapa tugasnya selama di perjalanan yakni berorasi di tempat umum tentang bagaimana kehormatan guru, mengingat beberapa kasus yang terjadi di Indonesia tentang pendidikan.

Hal itu melatih keberanian pemimpin dalam berorasi di tengah masyarakat. Sebagai kegiatan pamungkas di lapangan, di hari keempat peserta ditantang untuk membantu salah seorang warga yang memerlukan bantuan dalam manajemen rumah.

Mereka memulai dari membersihkan, menata, kemudian membuat kandang bebek di pekarangan belakang rumah, kemudian dilanjutkan berjualan es degan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Hal itu melatih public speaking mereka serta bagaimana mereka mengelola keuangan dalam berorganisasi. Itu menjadi bekal ketika mereka mewujudkan program kerja ormawa.

Tomi Wibisono
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
STKIP Al Hikmah Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help