Citizen Reporter

Ini Cara Mudah Pengaruhi Anak

Mendongeng menjadi cara paling efektif untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak. Lakukan saja sekarang.

Ini Cara Mudah Pengaruhi Anak
pixabay.com

Sebanyak 40 guru Roudlatul Athfal (RA) se-Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto berkumpul di depan Masjid Al-Musthofa Canggu. Sejak pukul 05.00 WIB (7/4/2018), mereka sudah bersiap berangkat ke Batu.

Itu bukan perjalanan wisata, tetapi lebih dari itu. Rombongan akan menghadiri workshop mendongeng kreatif di museum musik Jawa Timur Park III di Kota Batu.

Lokasi workshop mengagumkan. Gedungnya megah beralaskan karpet tebal. Acara dibuka Wali Kota Batu. Melihat kepedulian pejabat pada workshop mendongeng membuat ratusan peserta senang.

Awam Prakoso menjadi pemateri workshop. Dia trainer dongeng kreatif. Menurutnya, mendongeng dengan baik, menghibur, dan mengandung pesan moral di dalamnya itu tidak mudah.

Ternyata tidak banyak yang terbiasa mendongeng. Banyak alasan yang dikemukakan peserta. Jadi, tepatlah workshop itu diadakan.

“Mengapa ibu-ibu belum rutin mendongeng saat pembelajaran di kelas?” tanya Awam.

Alasan yang dikemukakan peserta pun bermacam-macam. Ada yang mengatakan sedikitnya referensi cerita. Ada juga yang mengatakan belum percaya diri untuk bercerita di hadapan anak-anak.

“Hanya dengan cara mendongeng anak akan mudah menerima informasi yang kita sampaikan kepadanya. Kita akan mudah menciptakan chemistry dan masuk pada dunianya. Itu bisa kita manfaatkan untuk memengaruhi pola pikir mereka. Mereka bisa digiring untuk mengikuti arahan positif yang kita kehendaki. Caranya yakni melalui isi dongeng yang akan disampaikan kepadanya,” ujarnya.

Awam menunjukkan perbedaan mendongeng dengan bercerita. Menurutnya, bercerita itu menyampaikan sesuatu hal yang nyata atau fakta. Kalau mendongeng itu adalah rekayasa imajinatif yang alur ceritanya sederhana, mengandung pesan mulia, dan bermakna. Akan tetapi, kisahnya tidak benar-benar terjadi.

“Ibarat makanan, itu jangan hanya mengenyangkan tetapi juga harus menyehatkan. Begitu juga dengan mendongeng. Jangan hanya menyenangkan tetapi juga harus ada hal positif yang disampaikan kepada anak-anak,” ujarnya.

Penampilannya yang begitu bersemangat, ulasan yang jelas, contoh isi dongeng yang imajinatif, dan kata-katanya yang menginspirasi membuat peserta workshop betah. Waktu pelatihan dua jam terasa begitu singkat.

Diselingi ice breaker, workshop dongeng kreatif hari itu berakhir dengan sangat menyenangkan. Semua mendapatkan banyak ilmu tentang cara mendongeng yang kreatif. Tentunya itu akan dipraktikkan di rumah atau di sekolah.

Robithoh
Ra/Kb Al-Ihlas Sukorame Penompo
Jetis, Mojokerto

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help