Citizen Reporter

Oleh-oleh Cokelat nDalem dari Yogyakarta

Oleh-oleh dari Yogyakarta bukan hanya gudeg atau bakpia pathok. Boleh juga mencoba membawa Cokelat nDalem aneka rasa yang unik.

Oleh-oleh Cokelat nDalem dari Yogyakarta
ist

Yogyakarta identik dengan lezatnya gudeg, manisnya geplak, dan gurihnya bakpia pathok. Namun, ketika datang ke kota itu pada 26-28 Maret 2018 lalu, ada sesuatu yang berbeda.

Dalam aplikasi layanan pesan-antar daring, ada toko yang khusus menjual cokelat. Cokelat nDalem namanya. Di media sosial nama cokelat itu cukup banyak berseliweran.

Toko dengan konsep bangunan tradisional itu menjual cokelat yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tetap menunjukkan kekhasan Indonesia. Cokelat nDalem memiliki tagline tanda hati dari Jogja.

Toko itu beroperasi Senin-Sabtu pukul 08.00-19.00 di Jalan Bhayangkara 23 Yogyakarta. Cokelat-cokelat yang dijual beraneka variasi rasa dan ukuran. Terdapat pula cokelat yang sudah dibungkus dalam tabung atau plastik bening dan dihias dengan pita, sangat cocok untuk buah tangan ketika kembali ke kota asal.

Variasi Cokelat nDalem di antaranya cokelat klasik, pedas, rempah, wedang, kopi, dan teh. Dari variasi itu dikembangkan lagi sesuai dengan jenisnya. Yang termasuk rempah yaitu rasa sereh, cengkeh, dan kayumanis. Ada juga cokelat rasa wedang, yaitu uwuh, ronde, dan bajigur.

Rasanya tentu saja tetap rasa cokelat, hanya terdapat ekstrak asli dari rempah dan wedang sehingga menimbulkan sensasi rasa yang berbeda. Ada juga rasa kopi Toraja, kopi Flores, kopi Papua, kopi Bali, dan kopi Aceh yang merupakan bagian dari cokelat rasa kopi. Jika suka ada juga cokelat rasa teh hijau.

Yang tidak takut pedas, wajib mencoba cokelat rasa cabai. Unik sekali bukan? Sedangkan bagi yang menyukai cokelat dengan rasa yang klasik bisa mencoba dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate.

Harga cokelat-cokelat itu mulai Rp 22 ribu sesuai rasa dan ukuran. Yang tidak kalah menarik, kertas pembungkusnya bermotif batik, wayang, dan kesenian daerah.

Cokelat nDalem merupakan salah satu buah tangan modern yang tetap menunjukkan ciri khas Indonesia. Jangan lupa singgah dan mencicipi cokelat aneka rasa jika berlibur ke Yogyakarta.

Firda Alfiana Patricia
Dosen IKIP Budi Utomo Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved