Berita Surabaya

Perawatan Mobil dengan Mesin VTEC Turbo, Perhatikan Oli Mesin

Dia lalu membeberkan beberapa perlakuan yang harus dilakukan pemilik mobil dengan mesin VTEC turbo ini.

Perawatan Mobil dengan Mesin VTEC Turbo, Perhatikan Oli Mesin
surya/sugiharto
Ilustrasi perbaiki mobil 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengguna mobil Honda keluaran 2016 ke atas mulai mengenal teknologi mesin VTEC turbo yang diklaim lebih baik dan cepat daripada mesin mobil biasa. Namun, mungkin belum banyak yang tahu bagaimana cara merawat mesin VTEC turbo itu, sehingga mobil tetap awet dan tahan lama.

Marketing and After Sales Service Manager Honda Surabaya Center PT Istana Mobil Surabaya Indah, William Saputra, mengatakan sejak 2016 hingga saat ini, ada empat jenis mobil Honda yang menggunakan mesin VTEC turbo ini.

Jenis mobil ini adalah Civic Sedan, Civic Hatchback, Civic type R dan CRV. Tren mobil nantinya akan bergeser menggunakan mesin ini, karena dengan kapasitas mesin hanya 1500 cc, tapi didapatkan kecepatan lebih powerful daripada mesin yang biasa, serta ukuran mesin lebih kecil.

“Mesin ini lebih ringkas dan powerful karena memakai teknologi baru,” kaya William, Selasa (20/3/2018).

Karena menggunakan teknologi terbaru, maka dalam perawatan mesin ada perlakuan khusus sehingga kondisi mobil tak cepat rusak. Dia lalu membeberkan beberapa perlakuan yang harus dilakukan pemilik mobil dengan mesin VTEC turbo ini.

Perlakuan pertama, pemilik mobil harus rajin mengamati oil life indicator yang ada di dalam mobil. Jika indikator oli sudah menyala, maka sudah saatnya oli mesin diganti.

“Ada toleransi waktu untuk mengganti oli mesin ketika indikator pertama kali berkedip, maksimal seminggu kemudian. Tak perlu harus mengganti oli ketika spedometer menunjukkan angka 10 ribu km atau sudah berumur enam bulan,” terangnya.

Perlakuan kedua, ketika oli mesin saatnya diganti, maka si pemilik mobil tak hanya mengganti oli saja. Pemilik mobil juga harus mengganti filter oli mesin dan engine cleaner atau penetral panas mesin.

Penggantian engine cleaner bersamaan dengan oli mesin, karena fungsi cleaner ini yang membuat kerja mesin VTEC turbo tak terlalu berat saat digunakan. Saat engine cleaner ini jarang diganti, maka sistem kerja mesin bakal terganggu dan umur mobil lebih singkat.

“Makanya, ketika sudah masuk 5000 km atau umur mobil tiga bulan, maka cek dulu oli mesin, filter dan engine cleaner. Kalau masih banyak cleaner, mobil bisa tetap digunakan,” urainya.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help