Berita Surabaya

Aksi Nyata Wujudkan Kemandirian Pangan ala Ampura Kota Surabaya

Asosiasi mahasiswa pemuda nusantara (Ampura) wilayah Kota Surabaya menggelar simulasi pola tatanan sehat dan amanah (PTSA).

Aksi Nyata Wujudkan Kemandirian Pangan ala Ampura Kota Surabaya
istimewa
Asosiasi mahasiswa pemuda nusantara (Ampura) wilayah Kota Surabaya menggelar simulasi pola tatanan sehat dan amanah (ptsa), di halaman Masjid Baitur Rozak SIER, Senin (2/4/2018). 

SURYA.co.id I SURABAYA - Asosiasi mahasiswa pemuda nusantara (Ampura) wilayah Kota Surabaya menggelar sharing dan simulasi pola tatanan sehat dan amanah (PTSA), di halaman Masjid Baitur Rozak SIER, Senin (2/4/2018).

Sejumlah mahasiswa, karang taruna dan tokoh masharakat hadir di acara itu.

Kegiatan yang bertujuan menyadarkan peran pemuda dalam kemandirian pangan melalui pola tatanan sehat dan amanah (PTSA) menghadirkan narasumber Agus K dan Jefri, tim BKT Bina Kerabat Tani Jatayu Pomosda.

Sharing ringan banyak mengungkap perubahan, bahkan mindset bahwa kemandirian pangan membutuhkan aksi nyata.

Selain diskusi tentang mengolah lahan-lahan perkotaan dengan PTSA juga dilakukan simulasi penyiapan media tanam mengolah tanaman, dan pemanfaatn lahan-lahan sempit.

M. Fadeli, Pembina Ampura Surabaya menjelaskan, program ini merupakan bagian integral dari aksi kemandirian pangan Bapak Kiai Tanjung Imam Jatayu Pomosda.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat mandiri ini menuju nusantara bangkit. "Bahwa pola hidup sehat tidak harus mahal dengan tanaman sela di pekarangan sempit pun bisa jadi, melalui urban farming," tambahnya.

Fadeli yang juga dosen Ubhara memaparkan, dengan kegiatan ini, pemuda juga bisa mengimplementasikan program kemandirian pangan dengan menanam sayur sehat di polybag dan verticulture serta rak kolam lele di halaman masjid.

"Harapannya, acara ini akan berkelanjutan untuk para pemuda mampu untuk memanfaatkan lahan-lahan sempit di sekitar rumah dan lingkungan dengan menanam sayur sehat sebagai bsntuk pola hidup sehat," pungkasnya.

Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help