citizen reporter

Ini Cara Membuat Koran Bekas Menjadi Tempat Pensil

Koran bertumpuk jangan dikilokan dulu. Ide dari guru SDN Magersari 2 Kota Mojokerto bisa dicoba. Koran bekas menjadi tempat pensil.

Ini Cara Membuat Koran Bekas Menjadi Tempat Pensil
ist

Bagi sebagian orang, bahkan hampir semua instansi, berlangganan koran adalah hal yang wajib dilakukan.

Banyak informasi yang bisa diperoleh dari media cetak ini, mulai kabar lokal, regional, nasional, hingga internasional. Mulai dari berita pendidikan, sosial, budaya, kriminalitas, hiburan, sampai olahraga. Lengkap sudah menu harian dari koran ini.

Mereka yang menjadi pelanggan koran harian, sudah pasti didatangi petugas pengantar koran setiap pagi. Hari ini dibaca, besok sudah tak digunakan. Begitu setiap hari, sampai koran menumpuk.

Sebulan, dua bulan, bayangkan jika sudah setahun. Mau dibuang sayang, dijual pun harganya tak seberapa. Namun, paling tidak kembali tampak rapi dan bersih ruangan tanpa adanya tumpukan koran.

Sekolah yang berlangganan koran, tak perlu lagi bingung mau dibawa ke mana koran bekas tersebut. Melalui mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), guru bisa berinovasi dan berkreasi memanfaatkan koran bekas ini.

Guru kelas 4 SDN Magersari 2 Kota Mojokerto mengajak siswanya membuat tempat pensil dari koran bekas, Rabu (7/3/2018). Sejumlah 37 siswa tampak antusias menyimak penjelasan guru dan mempraktikkannya.

Lantas, bagaimana caranya? Sebelum membuat tempat pensil, harus disiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, di antaranya koran bekas, lem kertas, kaleng kecil berbentuk silinder, lidi, penggaris, bolpoin, dan gunting. Setelah semua bahan dan alat sudah siap, buatlah segera tempat pensil dengan langkah berikut.

Pertama, memotong kertas koran dengan lebar sekitar 5 cm dan panjang sekitar 10 cm. Kedua, menggulung kertas koran dengan bantuan lidi.

Ketiga, setelah digulung, jangan lupa rekatkan menggunakan lem kertas agar gulungannya tidak lepas. Setelah merekat dengan sempurna, ambil lidi dari tengah gulungan. Lakukan tahapan ini sampai kertas koran yang sudah dipotong habis dan menjadi gulungan semua.

Keempat, setelah membuat gulungan kertas yang banyak, langkah selanjutnya adalah menempelkan satu per satu gulungan kertas koran pada sisi luar kaleng. Sebelum ditempelkan, bisa juga sisi luar kaleng dilapisi koran untuk mempermudah proses penempelan gulungan koran.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved