Berita Mojokerto

Motornya Pernah Dicuri, Faidi Ciptakan Pengaman Motor Berbasis Android

Faidi, pemuda dari Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, berhasil menciptakan aplikasi Android untuk mengamankan motor dari pencurian.

Motornya Pernah Dicuri, Faidi Ciptakan Pengaman Motor Berbasis Android
surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Achmad Faidi menunjukkan cara kerja alat pengaman motor berbasis Android yang dia ciptakan, Selasa (27/3/2018) 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Belajar dari pengalaman pernah menjadi korban pencurian motor, Achmad Faidi warga Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, mengembangkan alat pengaman sepeda motor yang memanfaatkan aplikasi Android

"Alatnya berupa komponen elektronika berupa remote motor berbasis Android," kata Faidi saat ditemui di Mojokerto, Selasa (27/3/2018).

Faidi mengatakan, alat remote pengamanan motor berbasis Android ini dibuat dari komponen sederhana Contactor elektronika.

Prinsip kerjanya, di alat tersebut terdapat tiga Contactor (saklar) yang digerakkan komponen IC (Integrated Circuit) sekaligus sebagai pengontrolnya.

"Koneksinya melalui bluetooth yang diterima Contactor yang dikontrol melalui ponsel android via Bluetooth," bebernya.

Faidi membuat remote pengaman motor berbasis Android itu selama tiga jam, memakai alat komponen elektronika seadanya.

"Selama tiga jam akhirnya berhasil memadukan Hardware yang dikendalikan via software aplikasi Android," ujarnya.

Ditambahkannya, secara kebetulan ia pernah mempraktekkan coding untuk aplikasi Android yang nyaris sama dengan alat yang dibuatnya itu. Adapun menu aplikasi Android di remote pengaman motor terdiri dari Kontak (On/Off), Lock atau Unlock dan starter engine (Start).

Aplikasi Android ini terhubung langsung dengan komponen hardware via bluetooth melalui ponsel. Meski kunci kontak dalam kondisi menyala (On) motor tidak akan bisa distarter apabila aplikasi Android remote pengaman motor menunjukkan posisi dikunci (Lock).

Nah, untuk menyalakan motor perlu menekan tanda untuk membuka gembok (Unlock) dan tekan tombol Start, hingga nantinya mesin motor akan menyala secara otomatis.

"Alat ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya kejahatan Curanmor. Apalagi untuk anak kost dan lainnya," ucapnya.

Perlu diketahui, alat ini tidak merusak atau mengubah sedikitpun komponen kelistrikan motor. Pasalnya, alat ini memanfaatkan saklar (ON/OF) pada kelistrikan motor.

"Remote pengaman motor berbasis Android ini bisa diterapkan pada motor maupun di mobil yang mempunyai fasilitas kontak, stater dan pengapian," imbuhnya.

Namun untuk saat ini, kata Faidi, komponen remote pengaman motor ini masih dalam tahap uji coba. Selama ini, alat remote pengamanan motor buatannya belum ada kendala apapun dalam pengoperasiannya.

"Masih tahap uji coba, belum diberi casing dan dipasarkan. Kalau di pasaran harga membuatnya sekitar Rp 300 ribu," pungkasnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help