Berita Ekonomi Bisnis

PCPI Maksimalkan Kontribusi Sektor Kuliner untuk Pasar yang masih Luas

Berbagai langkah disiapkan untuk meningkatkan kontribusi chef dalam dunia usaha kreatif kuliner ini.

PCPI Maksimalkan Kontribusi Sektor Kuliner untuk Pasar yang masih Luas
surya/Srihandi lestari
Sekretaris Jendral DPP PCPI, Hendra Utomo (pegang gelas) bersama Bambang Nurianto, Ketua Umum DPP PCPI dan pengurus PCPI lainnya saat berada di Surabaya, Senin (26/3/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Kreatif bersama Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat kontribusi Pendapatan Daerah Bruto (PDB) dari sub sektor kuliner Ekonomi Kreatif tercatat mencapai 41,69 persen.

"Jumlah itu paling besar kemudian disusul oleh fashion. Bagi profesi chef ini adalah peluang yang harus kami bidik untuk lebih meningkatkan potensi yang ada, di tengah pasar yang luas," kata Bambang Nurianto, Ketua Umum DPP Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI), Senin (26/3/2018).

Berbagai langkah disiapkan untuk meningkatkan kontribusi chef dalam dunia usaha kreatif kuliner ini.

Untuk lebih maksimal, salah satu yang disiapkan adalah dengan menggelar Indonesia Chef Expo 2018 di Supermal Convention Centre, Pakuwon Mall, Surabaya pada Mei 2018 mendatang.

"Lewat expo ini diharapkan bisa mengangkat potensi dan profesi Chef Profesional Indonesia ke pasar global. Mencoba untuk memperkenalkan seluk beluk profesi chef, dan menginspirasi generasi muda, serta meningkatkan kapasitas dari masing-masing chef," jelas Bambang.

Tujuan akhirnya adalah untuk membuat sebuah ekosistem terpadu industri kuliner dan profesi chef.

PCPI sebagai penyelenggara, dan konseptor expo ini terbentuk karena kesamaan visi dari para Chef Profesional Indonesia untuk meningkatkan kuliner Indonesia ke pasar global, mengangkat derajat kehidupan dan kapasitas para Chef, membentuk sebuah jaringan global, dan menginsipirasi generasi penerus untuk masuk kedalam profesi Chef.

Sekretaris Jendral DPP PCPI, Hendra Utomo, menambahkan, berbagai rangkaian kegiatan telah disusun pada Indonesia Chef Expo 2018. Antara lain cooking Demo oleh Celebrity Chef Vindex Tengker, Giorgio Diana, Chef Kelanda, dan lainnya.

"Kami juga menggelar kegiatan Online Cooking Competition yang memilih 24 Chef Ambassador di Indonesia, juga Cooking Competition yang mengangkat menu lokal dengan standard internasional," tambah Hendra.

Berbagai program retail menarik juga telah disiapkan oleh para vendor, dan tenant, pengunjung dapat menikmati beragam makanan yang dijual dalam Indonesia Chef Expo yang dipersiapkan oleh para chef Indonesia.

"Tidak kalah pentingnya, PCPI juga menyelenggarakan Munas PCPI yang pertama kalinya, selama berlangsungnya ICE 2018 untuk memperkuat jaringan PCPI di seluruh provinsi di Indonesia," tambah Hendra.

Indonesia Chef Expo akan memperkuat ragam kegiatan pariwisata khususnya di Surabaya, dan mengangkat ekonomi lokal secara tidak langsung.

Indonesia Chef Expo secara spesifik dirancang untuk menggandeng pihak-pihak pendukung untuk bergabung di dalam expo ini dan bersama-sama menumbuhkan ekonomi kreatif kuliner Indonesia.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help