Sosok Inspirasi

Muhammad Zamroni: Saya Senang Anak-anak Bisa Kuliah di Luar Negeri

“Kebanyakan saya sarankan untuk mencari beasiswa. Alhamdulillah, banyak juga yang sukses," ujar Muhammad Zamroni.

Muhammad Zamroni: Saya Senang Anak-anak Bisa Kuliah di Luar Negeri
surya/m taufik
Muhammad Zamroni dan istri Ida Nurmala mengapit pengajar asing foto bersama. 

KHUSUS siswa yatim dan dhuafa, Azam dan istri sendiri yang mengajar. Mereka semua gratis. Setelah lulus SMA langsung ditawari untuk menjadi tenaga pengajar supaya bisa mendapat gaji dari lembaga tersebut untuk dimanfaatkan melanjutkan pendidikan di jenjang S1 dan S2.

“Kebanyakan saya sarankan untuk mencari beasiswa. Alhamdulillah, banyak juga yang sukses. Ada yang mendapat beasiswa di berbagai peruguruan tinggi negeri di Indonesia, ada juga beberapa yang berhasil kuliah ke luar negeri. Seperti Jepang, Tiongkok, Korea, Spanyol dan beberapa negara lain,” pungkasnya.

Muhammad Zamroni lahir di Desa Siwalan Panji, Kecamatan Buduran, Sidoarjo 19 Agustus 1979. Sejak kecil, anak pertama dari dua bersaudara ini dididik ala santri oleh kedua orangtuanya.

Memasuki usia sekolah, orangtua Zamroni juga lebih memilih anak-anaknya belajar di pondok pesantren.

"Saya 15 tahun di pondok pesantren," ungkapnya.

Zamroni menikmati SD di Sidoarjo. Setelah itu, pendidikan SMP, SMA, sampai kuliah dan menjadi guru, dijalani pesantren Gading di Malang.

Di sana, setelah lulus UIN (Universitas Islam Negeri) Maulana Malik Ibrahim, Zamroni muda masih tetap bertahan di pondok sambil mengajar. Bahkan, dia juga masih sempat mengambil Akta IV di UNISMA (Universitas Islam Malang).

Zamroni sempat mengajar di sebuah lembaga pendidikan formal, tapi kemudian dilepaskan dan memilih membuka Kampoeng SinAoe di rumah, tempatnya dilahirkan dulu.

Istrinya Ida Nurmala pun begitu. Perempuan kelahiran 13 Mei 1983 ini sempat menjadi guru dan lulus sertifikasi, tapi kemudian dilepas dan konsentrasi pada lembaga ala pesantren yang dirintis suaminya.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help