Sosok Inspirasi

Muhammad Zamroni; Pendiri Kampoeng SinAoe: Sang Pengobar Tradisi Siswa Belajar

Suasana sore itu terlihat bersahaja. Sekilas mirip anak-anak yang sedang mengaji. Hampir semua anak mengenakan baju muslim.

Muhammad Zamroni; Pendiri Kampoeng SinAoe: Sang Pengobar Tradisi Siswa Belajar
surya/m taufik
Muhammad Zamroni sedang mengajar 

BELASAN  anak duduk melingkar. Seorang pria dewasa berdiri di depan mereka. Melayani mereka berbincang. Di sebuah gazebo di halaman rumah warga di Desa Siwalan Panji, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Suasana sore itu terlihat bersahaja. Sekilas mirip anak-anak yang sedang mengaji. Hampir semua anak mengenakan baju muslim. Hanya saja, baju yang mereka kenakan tidak seragam, seperti umumnya anak-anak Taman Pendidikan Al-Quran (TPA).

Satu yang khas. Anak-anak yang sedang gayeng bercengkrama itu, tidak ada satupun yang menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Jawa. Semuanya berdialog dengan bahasa Inggris.

“Di kawasan ini, semuanya memang wajib berbahasa Inggris,” jelas seorang anak kepada Surya. co.id.

Ya rumah dan gazebo di Jl KH Khamdani I 25 tersebut itu memang menjadi pusat kawasan studi bahasa Inggris.

“Kalau di rumah-rumah yang lainnya, itu berbeda. Ada yang pusat matematika, ada IPA, komputer, pusat bimbingan belajar, dan lain-lain,” katanya sambil menunjuk lokasi - lokasi rumah yang dimaksudnya.

Di luar rumah pusat kawasan bahasa Inggris itu, ada enam rumah lagi. Semuanya dalam pengelolaan Kampoeng SinAOE,

Alfalah Islamic Course. Sebuah kegiatan belajar di Desa Siwalan Panji yang sudah berlangsung sejak 2006 atau 12 tahun silam.

Muhammad Zamroni menjadi tokoh penggerak kampoeng sinau (kampung belajar) bagi anak-anak itu. Di rumah Jl Kahmdani I 25 yang kini digunakan kawasan belajar bahasa Inggris itulah, Zamroni lahir 19 Agustus 1979 silam.

Surya.co.id mengungunjungi kawasan anak rajin belajar itu beberapa hari lalu. Sang pencetus kampung, Muhammad Zamroni pun bersedia berbagi cerita gerakan inspiratifnya.

Halaman
1234
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved