Liputan Khusus

News Analysis : Percepatan Konstruksi Jalan Tol Harus Ekstra Hati-hati

Kondisi tol fungsional biasanya masih berdebu, rambu dan markah belum terpasang, belum ada penerangan jalan.

News Analysis : Percepatan Konstruksi Jalan Tol Harus Ekstra Hati-hati
surya/aflahul abidin
Salah satu titik ruas tol Wilangan-Ngawi di Desa Sambijero, Tanjung Anom, Kabupaten Nganjuk yang masih dalam proses penimbunan tanah, Rabu (14/3/2018). 

News Analysis
Dr Machsus ST MT
Kepala Departemen
Teknik Infrastruktur Sipil Fakultas Vokasi ITS

SURYA.co.id | KERTOSONO - Progres fisik Tol Wilangan-Kertosono yang diperkirakan masih 56 persen, tentunya menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait rencana penggunaannya secara fungsional.

Namun demikian, yang terpenting sesungguhnya bukan pada angka progres fisik yang 56 persen, melainkan jenis aktivitas pekerjaan apa saja yang termasuk dalam 56 persen progres fisik itu.

Item pekerjaan pengerasan jalan (pavement) mestinya harus sudah selesai atau termasuk dalam perhitungan 56 persen progres fisik, karena item perkerjaan ini menentukan boleh dibukanya tol secara fungsional.

Jadi, masalah suatu ruas jalan tol bisa dibuka secara fungsional atau tidak pasti melalui proses penilaian terlebih dahulu oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

Jika BPJT menyatakan Tol Wilangan-Kertosono siap digunakan sebagai tol fungsional pada momentum mudik Lebaran 2018, berarti kondisinya memang memungkinan untuk digunakan, atau sebaliknya.

Penggunaan ruas jalan tol secara fungsional itu hanya bersifat sementara waktu dan hanya untuk kondisi khusus.

Artinya, ruas jalan tol tersebut sesungguhnya belum layak, namun bisa digunakan dengan batasan-batasan tertentu.

Dalam penggunaan tol fungsional yang terpenting adalah bahwa pengerasan jalan tol sudah dapat dilalui meski perlengkapan jalannya belum tersedia lengkap, seperti rambu, markah, dan penerangan jalan umum (PJU), serta perlengkapan jalan lainnya.

Oleh karena itu, tenggat waktu yang tersisa diprioritaskan untuk item pekerjaan yang menunjang dibukanya tol secara fungsional, terutama item pengerasan jalan tol.

Halaman
123
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help