Berita Gresik

Marak Kasus Skimming pada Nasabah Bank, Polres Gresik Lakukan Antisipasi dengan Cara Begini

Jajaran Polres Gresik meningkatkan pengamanan terhadap anjungan tunai mandiri (ATM) di Gresik.

Marak Kasus Skimming pada Nasabah Bank, Polres Gresik Lakukan Antisipasi dengan Cara Begini
surya/sugiyono
Polisi memeriksa setiap sudut ATM guna mengantisipasi maraknya kasus skimming di sejumlah bank aklhir-akhir ini. 

Surya/Moch Sugiyono
ATM - Anggota Polsek Gresik Kota memeriksa lubang-lubang ATM untuk memastikan tidak ada skimming, Rabu (21/3/2018).

SURYA.co.id | GRESIK - Jajaran Polres Gresik meningkatkan pengamanan terhadap anjungan tunai mandiri (ATM) di Gresik. Hal ini dilakukan agar terhindar dari aksi kejahatan skimming yang sedang marak menimpa bank-bank di Indonesia.

 Polres Gresik melalui jajaran Polsek-polsek memeriksa dan mengamankan ATM-ATM dengan cara memeriksa lubang kartu ATM, keyboard nomor di ATM serta lubang keluar uang. Pemeriksaan dilakukan bersama dengan petugas Bank dan satpam penjaga ATM.

Dalam pemeriksaan itu, tidak menemukan barang-barang yang mencurigakan di lubang, keyboard nomor dan lubang keluar uang di ATM.

"Pengamanan dan pemeriksaan ATM ini dilakukan untuk mencegah aksi kejahatan dengan modus skimming yang saat ini sedang menimpa bank-bank milik Indonesia," kata Kapolsek Gresik Kota AKP Suyatmi, Rabu (21/3/2018).

Suyatmi juga menyampaikan kepada Satpam dan pegawai Bank supaya selalu mengingatkan kepada nasabah yang mengambil uang melalui ATM, agar berhati-hati dalam mengambil uang. Misalnya, menutup dengan telapak tangan ketika menekan keyboard angka di ATM.

Sementara Asisten manager operasional BRI Cabang Gresik Anna Maria mengatakan bahwa manajemen BRI Cabang Gresik setelah beredar kabar adanya kejahatan skimming, petugas ATM langsung mengecek dan memeriksa ATM.

"Kita di BRI Cabang Gresik langsung memeriksa masing-masing ATM. Di tiap-tiap lubang kita pastikan tidak ada kamera dan di keyboard angka juga tidak ada," kata Anna dengan didampingi staf teknisi.

Sementara kepada para nasabah, Anna menyarankan agar sesering mungkin untuk mengganti kode rahasia kartu ATM. "Sehingga tidak sampai terkena skimming," imbuhnya. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved