Berita Kediri

Jaringan Pengedar Uang Palsu di Kediri Terbongkar lewat Jual Beli Kambing, begini Ceritanya

Bermula dari transaksi seekor kambing, jaringan pengedar dan pembuat uang palsu (upal) terbongkar. Empat tersangka telah diamankan di Mapolres Kediri.

Jaringan Pengedar Uang Palsu di Kediri Terbongkar lewat Jual Beli Kambing, begini Ceritanya
surya/didik mashudi
Polisi memperlihatkan para tersangkap pembuat dan pengedar uang palsu berikut barang buktinya di Mapolres Kediri. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Bermula dari transaksi seekor kambing, jaringan pengedar dan pembuat uang palsu (upal) terbongkar. Empat tersangka telah diamankan di Mapolres Kediri, Rabu (21/3/2018).

Para tersangka yang diamankan masing-masing, Sumadi alias Jiman (54) warga Desa/Kecamatan Kepung dan Sunarto (53), warga Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri bertindak selaku pengedar uang palsu.

Sedangkan dua tersangka penerima order dan pembuat upal masing-masing, Vexi Soeratman (61) warga Desa Jebungan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten serta Muhammad Sulhan Amri (41) warga Desa Ambartawang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kasus ini terungkap setelah Sumadi membeli kambing milik Tukinem warga Desa Kepung. Namun uang yang dipakai membayar berupa uang palsu pecahan Rp 100.000.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Kepung. Sumadi kemudian diamankan. Dari hasil pengembangan penyidik Polres Kediri juga mengamankan Sunarto.

Dari kedua pengedar tersebut diperoleh pengakuan mereka memesan upal dari Vexi Soeratman. 

Selanjutnya Vexi yang diamankan petugas mengaku membuat uang palsu bersama dengan tersangka Muhammad Sulhan Amri warga Magelang.

Transaksi uang palsu itu dilakukan dengan perbandingan uang asli Rp 1 juta ditukar dengan uang palsu sebanyak 100 lembar pecahan Rp 100.000 emisi baru dan lama.

Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan menyebutkan, tersangka belajar membuat uang palsu karena pernah bekerja di percetakan. Tersangka mengakui uang palsu buatannya masih belum sempurna.

Namun, tersangka sempat sesumbar seandanya tidak keburu tertangkap bakal dapat membuat uang palsu yang lebih sempurna.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help