Citizen Reporter

UTS Ini Menantang, Dokumentasikan 99 Pantai

UTS yang dijalani mahasiswa ini menantang dan menyenangkan. Mereka mengumpulkan 99 pantai di Kabupaten Malang untuk didokumentasikan.

UTS Ini Menantang, Dokumentasikan 99 Pantai
ist

Ujian selalu membuat gemetar baik itu UTS maupun UAS. Persiapan harus sempurna supaya hasil akhirnya sesuai dengan target.

UTS untuk mata kuliah Geografi Pariwisata kali ini butuh persiapan matang. Meski demikian, UTS ini benar-benar menyenangkan. Seluruh mahasiswa Pendidikan Geografi 2015 harus bersiap-siap melakukan perjalanan keluar kota.

Sabtu (17/3/2018) menjadi hari mendebarkan bagi mahasiswa pendidikan geografi 2015. Hari itu diadakan UTS Geografi Pariwisata yang sering menjadi momok bagi mahasiswa. Namun, ada yang berbeda dari UTS kali ini.

I Komang Astina, dosen pengampu mata kuliah Geografi Pariwisata mengatakan, tugas UTS kali ini adalah observasi 99 pantai di Kabupaten Malang. Satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok.

Setiap kelompok mengobservasi pantai hingga ke-99 destinasi pantai di Kabupaten Malang didokumentasikan. Salah satu pantai yang terpilih adalah Pantai Watu Leter. Pantai yang namanya masih asing itu terhitung masih baru.

Berbekal Google Maps, pukul 06.00 rombongan berangkat mencari Pantai Watu Leter. Pantai itu berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan bersepeda motor.

Setelah dua jam perjalanan melalui Jalur Lintas Selatan dan mengandalkan aplikasi pencari rute itu, terlihatlah sebuah papan petunjuk dan tulisan “Pantai Watu Leter”. Tulisannya besar dengan latar belakang bukit.

Jika akan ke Pantai Watu Leter, pengunjung harus melalui jalan terjal berbatu sekitar 500 meter. Ada jalur alternatif, yakni lewat Pantai Goa Cina dan dilanjutkan dengan berjalan kaki 200 meter karena lokasinya bersebelahan.

Pengunjung yang masuk akan dikenai biaya Rp 10 ribu/orang dan biaya parkir Rp 10 ribu/kendaraan. Lelahnya perjalanan akan hilang ketika sudah sampai di Pantai Watu Leter karena disambut dengan pesona pantai yang sangat menawan.

Pantai Watu Leter tampak seperti kolam besar yang dikelilingi pepohonan, bukit, dan bebatuan. Menurut Suci (35), warga setempat, Pantai Watu Leter itu menjadi Raja Ampatnya Kabupaten Malang karena masih asri.

Hal itu terbukti benar. Berdasarkan observasi kelompok yang ditugaskan ke Pantai Watu Leter, pantai itu tampak sangat alami. Belum banyak wisatawan yang mengunjungi. Hanya beberapa tenda pengunjung dan bapak-bapak yang memancing.

Kondisi airnya masih sangat jernih, pasirnya putih dan lembut, tidak ada sampah yang bertebaran. Hanya ada deburan ombak yang menenangkan.

Tidak terasa sudah lima jam rombongan mengobservasi pantai. Berkunjung ke Pantai Watu Leter tidak bakal rugi bahkan ketagihan. Hei… bukankah itu UTS. Kalau sudah begini, harus mengulang UTS pun mau.

Meri Dwi Pertiwi
Mahasiswa Jurusan Geografi
Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved