Home »

Techno

» Apps

Techno

Menjajal Fitur Rute Khusus Motor yang Baru Diluncurkan Google Maps

Google Maps baru meluncurkan fitur rute khusus motor untuk memudahkan para pengendara motor. Seperti apa penggunaannya? Yuk dicoba...

Menjajal Fitur Rute Khusus Motor  yang Baru Diluncurkan Google Maps
surabaya.tribunnews.com/eko darmoko
Para petinggi Google Indonesia saat peluncuran fitur ‘Rute Khusus Motor’ dari aplikasi Google Maps di Beer Hall, Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018). 

SURYA.co.id | JAKARTA – Google selalu berinovasi demi memanjakan sekaligus memudahkan aktivitas para penggunanya. Kini, aplikasi Google Maps yang tersedia dalam Play Store meluncurkan fitur ‘Rute Khusus Motor’.

Sesuai namanya, fitur ini memang diciptakan khusus pengguna kendaraan roda dua alias motor. ‘Rute Khusus Motor’ merupakan fitur yang memandu pengendara motor untuk melewati jalan yang dianggap efisien menuju lokasi tujuan.

Saat peluncuran fitur ini, pihak Google Maps dan awak media menjajal fitur ‘Rute Khusus Motor’ saat menempuh perjalanan dari Darmawangsa menuju Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018).

Google Maps ‘Rute Khusus Motor’ dalam perjalanan menuju Jl Jenderal Sudirman, memberi navigasi tentang jalan yang lengang alias tidak macet. Dengan demikian, rombongan Google Maps dan awak media bisa menghemat waktu serta tidak terjebak macet dalam perjalanan menuju Jl Jenderal Sudirman.

Intinya, ‘Rute Khusus Motor’ menjadi penunjuk arah bagi pengendara motor agar melewati rute tercepat dan tidak terkena macet akibat jubelan mobil untuk menuju lokasi tujuan.

Product Marketing Manager Google Indonesia, Sasha Sunu menjelaskan, gagasan membuat fitur ‘Rute Khusus Motor’ adalah karena selama ini belum ada mode navigasi khusus bagi pengendara motor. Padahal, di Indonesia, pengendara motor lebih banyak ketimbang pengemudi mobil.

“Jumlah motor di jalanan Indonesia tujuh kali lebih banyak dari jumlah mobil,” kata Sasha Sunu, saat peluncuran fitur ini di Beer Hall, Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018).

Dilanjutkan Sasha Sunu, sepeda motor bagi masyarakat Indonesia sudah termasuk kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Sebagian besar rumah tangga pasti memiliki motor, atau pernah menggunakan jasa ojek saat bepergian, demi menyingkat waktu dan menghindari macet.

“Motor lebih cepat di jalan. Ibu rumah tangga zaman now misalnya, mereka butuh motor untuk bepergian dalam waktu singkat. Makanya kami mengembangkan fitur ini,” kata wanita yang pernah menimba ilmu di Bournemouth University dan Universitas Indonesia ini.

Tak hanya ‘Rute Khusus Motor’ saja, jika ditilik beberapa waktu ke belakang, Google Maps juga pernah meluncurkan beberapa fitur. Di antaranya adalah bekerja sama dengan transportasi online, informasi real time untuk KRL Commuter dan Bus Transjakarta.

Vice President Product Management Google Maps, Dane Glasgow meyakini, fitur khusus untuk pengendara sepeda motor ini nantinya bakal diminati masyarakat Indonesia. fitur ini, lanjutnya, memang dibikin berdasarkan masukan dari para pengguna Google Maps.

“Kemudian kami dengan senang hati menawarkan fitur ini. semoga bisa mempermudah pengguna motor saat bepergian. Kami memberikan pengalaman yang paling cocok dengan situasi setempat,” kata Dane Glasgow.

Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen menambahkan, penciptaan fitur ‘Rute Khusus Motor’ dilandasi bahwa Indonesia merupakan negara yang punya potensi besar dalam perkembangan teknologi internet di masa depan. Hal ini terbukti bahwa hingga sejauh ini pengguna Google Maps di Indonesia sudah lebih dari 10 juta orang.

“Google Maps banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Bermula dari sini, kami terus mengembangkan aplikasi ini dengan penambahan fitur-fitur yang bisa memudahkan aktivitas para pengguanya,” tandas Tony Keusgen. 

Baca: Google Maps Luncurkan Fitur Rute Khusus Motor Demi Tingkatkan Mobilitas

Penulis: Eko Darmoko
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help