Berita Pendidikan Surabaya

Kelulusan SMA/SMK Tak Lagi Berpedoman Nilai Unas, SMAN 17 Surabaya Tambah Nilai Kehadiran Kelas XII

Kriteria kelulusan SMA/SMK kini tidak lagi berdasarkan nilai Ujian Nasional, melainkan berdasarkan nilai Ujian Sekolah.

Kelulusan SMA/SMK Tak Lagi Berpedoman Nilai Unas, SMAN 17 Surabaya Tambah Nilai Kehadiran Kelas XII
ahmad zaimul haq
Ilustrasi siswa SMA mengerjakan soal ujian nasional (unas). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kriteria kelulusan saat ini tidak lagi berdasarkan nilai Ujian Nasional, melainkan berdasarkan nilai Ujian Sekolah.

Untuk itu sejak Jumat (16/3/2018) hingga Rabu (4/4/2018) siswa SMA/SMK harus lebih memperhatikan Ujian Sekolah yang dikerjakan. Baik ujian sekolah yang diadakan internal ataupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Suwandi, wakil Kepala SMAN 17 Surabaya urusan kurikulum menjelaskan pihaknya telah melakukan rapat pra pleno untuk merencanakan kriteria kelulusan. Bahkan sudah membagikan selebaran kriteria kelulusan pada orang tua.

"Jadi biar orang tua tidak protes kalau anaknya tidak lulus, tahun ini kami menambahkan kriteria kehadiran minimal 85 persen selama kelas XII,"ungkapnya pada SURYA.co.id, Minggu (18/3/2018).

Selain itu, sekolah menentukan kriteria nilai rata-rata USBN per mata pelajaran minimal 60. Sementara untuk nilai rata-rata seluruh pelajaran yaitu 75.

"Standar minimal memang harus terpenuhi, secara nasional harus di atas 55. Dan kami sudah menetapkan nilai minimal rata-rata 60," urainya.

Terkait persiapan USBN, menurutnya sudah dilakukan penginstalan sistem yang dilakukan proktor seperti pelaksanaan UNBK. Sehingga integritas soal lebih terjamin dibandingkan tahun lalu yang disebarkan menggunakan Compact disk (CD).

"Hanya sajankami harus minta dijadwalkan USBN susulan, karena hari Jumat kemarin siswa kami ada yang opname,"ungkapnya.

Setelah ujian,pihaknya harus melakukan pengoreksian dan mengumpulkan nilai. Baru kemudian melaksanakan rapat pleno kembali untuk menentukan kelulusan siswa.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help