Bandara Juanda

Simulasi Kebakaran di Gedung Angkasa Pura 1 Bikin Heboh, Aktivitas Bandara sempat Dihentikan

Teriakan minta tolong dan jeritan tedengar dari gedung PT Angkasa Pura 1 Juanda yang terbakar, Kamis (15/3/2017).

Simulasi Kebakaran di Gedung Angkasa Pura 1 Bikin Heboh, Aktivitas Bandara sempat Dihentikan
surya/Ahmad Zaimul Haq
Simulasi kebakaran di Gedung Angkasa Pura 1 Juanda Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Teriakan minta tolong dan jeritan tedengar dari gedung PT Angkasa Pura 1 Juanda yang terbakar saat simulasi penanggunggalanan kebakaran, Kamis (15/3/2017). 

Suasana makin heboh karena jeritan itu dibarengi asap yang mengepul. Sirine yang terdengar melengking itu makin membuat karyawan pengelola Bandara Juanda Surabaya ini tampak ketakutan. 

Puluhan karyawan itu berhamburan keluar gedung. "Tolong. Tolong kebakaran banyak korban!" teriak karyawan yang tergopoh-gopoh. 

Sesaat kemudian tiba petugas aviation security (avsec) datang dan mengarahkan para pegawai agar berkumpul di titik evakuasi. Petugas yang dilatih Skill khusus penanganan kebakaran itu pun menerobos gedung yang terbakar.

Mereka memberikan penanganan khusus kecelakaan dengan memberikan oksigen. Para korban yang terjebak kebakaran di dalam gedung akhirnya satu per satu dievakuasi.

Sebuah tali mengikat di tubuh petugas dan bersamaan dengan itu korban juga ada di tali ini. Dengan cepat tubuh korban meluncur dari ketinggian gedung tiga lantai itu.

"Kami memang memberi porsi untuk menunjukkan Skill petugas saat menangani korban kebakaran dengan cepat," kata General Manejer PT Angkasa Pura 1 Juanda Heru Prasetyo.

Bandar Udara Juanda menjadi tempat pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Ke-95.

Pelatihan ini digelar selama sehari dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Karena ada simulasi penanggulangan tanggap darurat bencana dikeluarkan notam atau pemberitahuan resmi. Bahwa Bandara Juanda Surabaya ditutup sementara selama 1 jam. Mulai pukul 21.00-22.00.

Dalam simulasi itu tidak hanya melatih pencegahan penanggulangan kebakaran di ngedung saja. Namun  menangani situasi darurat di Terminal Bandara Juanda

Para petugas gabungan baik dari Aviation Security, TNI, Polri, Basarnas, dan petugas medis juga belajar menangani kondisi darurat di kawasan appron dan run way.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help