Kuliner

Keju Mosarela Bersinergi dengan Dimsum dan Onde-onde

Keju mosarella selalu identik dengan makanan ala Italia atau western. Namun bisa juga dipadukan dengan makanan ringan ala Tiongkok dan lokal.

Keju Mosarela Bersinergi dengan Dimsum dan Onde-onde
surya/ahmad zaimul haq
Dinsum dan onde-onde berkolaburasi berbahan kerju mosarella. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bahan keju mosarella selalu identik dengan makanan ala Italia atau western. Namun sebenarnya, keju mosarella juga bisa dipadukan dengan makanan ringan ala Tiongkok dan lokal, yakni dimsum dan onde-onde.

Executive Chef Wyndam Hotel, Kadek Budiana menuturkan, dimsum adalah makanan ringan yang sudah digemari warga Surabaya. Makanan ringan atau dimsum yang disajikan biasanya adalah siomay, tahu atau bakso yang dikukus. Untuk itu, dia membuat dimsum dengan tampilan yang berbeda dari biasanya, dimana ada isian berupa keju mosarella.

“Kami ingin membuat tampilan berbeda, dimana ada gabungan makanan Asia dengan western lewat keju mosarella,” paparnya, Rabu (14/3/2018).

Dimsum keju mosarella yang dibuat sebenarnya mirip dengan bakpao, tapi dalam bentuk mini. Bahan untuk membuat dimsum ini adalah tepung, ragi, gula, garam, mentega dan sedikit pewarna alami. Semua bahan itu diaduk dengan air hingga rata, kemudian didiamkan. Setelah mengembang, adonan roti ini kemudian dibentuk bulatan kecil, dan diisi dengan keju mosarella. Baru setelah itu, dimsum ini dikukus hingga roti mengembang dan bagian isinya cair.

“Untuk proses kukus ini perlu suhu sekira 70-80 derajat Celcius agar keju mosarella melted,” katanya.

Mengenai pewarna, dia memang menggunakan pewarna biasa yakni biru agar tampilannya menarik. Namun ke depan, dia akan menggunakan pewarna dari sayur seperti bayam dan ketela yang warnanya ungu.

Sedangkan untuk citarasa dimsum ini, seorang konsumen, Yanto (40) warga Rangkah mengakui, tekstur rotinya lembut dan sedikit manis. Adanya isi keju mosarella yang melted, membuat paduan citarasanya berbeda, antara manis, asin dan gurih. “Rasanya menyatu dengan roti, sehingga enak disantap,” katanya.

Penulis: Parmin
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help