Ada Latihan Keadaan Darurat Kamis Malam, Bandara Juanda Ditutup Sementara Selama 1 Jam

Selama sekitar 1 jam pada Kamis (15/3/2018) malam besok, tidak akan ada pesawat yang take off dan landing di Bandara Juanda Surabaya.

Ada Latihan Keadaan Darurat Kamis Malam, Bandara Juanda Ditutup Sementara Selama 1 Jam
surya/nuraini faiq
General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda Heru Prasetyo. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Otoritas Bandara Internasional Juanda akan menggelar latihan simulasi kegawatdaruratan, Kamis (15/3/2018) malam besok. Imbas dari latihan ini, akan ada penyesuaian jadwal penerbangan di Bandara Juanda.

General Manejer PT Angkasa Pura 1 Juanda, Heru Sulistyo, Rabu (14/3/2018), mengatakan selama sekitar 1 jam pada Kamis (15/3/2018) malam besok, tidak akan ada pesawat yang take off dan landing di Bandara Juanda Surabaya.

"Notice to airmen (notam) ini sudah dibuat untuk Kamis besok pukul 21.00-22.00 WIB," kata Heru.

Selama satu jam tidak akan ada pergerakan pesawat di Runway bandara yang berlokasi di Kecamatan Sedati, Sidoarjo itu.

"Akan ada penyesuaian penerbangan karena besok malam itu kami menggelar latihan kegawatdaruratan di bandara," sambungnya.

Pemberitahuan resmi menyangkut aktivitas penerbangan di Bandara Juanda itu sudah ditetapkan. Penutupan bandara untuk sementara bagi aktivitas penerbangan itu dilakukan demi kelancaran latihan wajib yang digelar PT Angkasa Pura selaku pengelola bandara.

Di Bandara Juanda akan digelar latihan wajib Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Ke-95. Jika terjadi keadaan darurat, kebakaran, gempa, atau kerusuhan masif. Seberapa tanggap petugas bandara internasional ini. 

Kendati demikian, Heru mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandara dan penumpang di bandara untuk tidak panik.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan atas simulasi besok," kata Heru. 

Karena kegiatan itu, bandara tersebut akan 'ditutup sementara'. Sebab latihan yang melibatkan semua petugas baik petugas avsec, TNI, polisi, Basarnas, Beacukai, dan semua akan menggunakan side apron juga. 

"Bukan ditutup bandaranya. Nanti kesannya kurang pas. Memang ada notam selama 1 jam," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuristo.

PT Angkasa Pura 1 Cabang Juanda Surabaya akan menguji kecakapan personel dan kecanggihan alat. Misalnya ada PMK yang mampu berkecepatan 80 KM/40 detik. 

Baca: Lineage 2 Revolution, Panduan Menyelesaikan Issue Gagal Patching CDN

Juga PMK khusus yang berisikan cairan khusus meredam kebakaran mesin pesawat. Ada juga PMK berisi powder yang khusus disemprotkan ke pesawat. PMK ini tak dimiliki PMK lain.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved