Wujudkan Ukhuwah Islamiyah, PCNU Bangkalan dan DPW FPI Bangkalan Berencana Lakukan Ini

Amin menjelaskan gelar silaturrahmi itu sebagai wujud NU dan FPI di Bangkalan adalah satu kesatuan yang bertujuan ukhuwah islamiyah.

Wujudkan Ukhuwah Islamiyah, PCNU Bangkalan dan DPW FPI Bangkalan Berencana Lakukan Ini
surya/ahmad faisol
Dua perwakilan pengurus NU dan FPI Bangkalan menggelar audensi di hadapan Wakapolres Kompol Imam Pauji di mapolres setempat, Selasa (13/3/2018) 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Gesekan antar pengikut dua kelompok berbasis massa besar Bangkalan, yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Front Pembela Islam (FPI), di sosial media (sosmed) langsung disikapi serius masing-masing pengurus NU dan FPI setempat.

Keduanya menggelar Audensi Panitia Silaturrahmi dengan Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha di lobi mapolres, Selasa (13/3/2018).

Namun dialog tersebut diwakili Wakapolres Kompol Imam Pauji bersama para perwira lantaran Anissullah M Ridha menghadiri pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi di Gedung Grahadi Surabaya.

Perwakilan Pengurus Cabang NU Bangkalan, Amin mengungkapkan pertentangan yang terjadi di sosmed terkait dengan faham radikal dan moderat.

"Saling serang di sosmed, sama-sama ingin mempertahankan jati diri. Bukan keretakan, hanya gesekan di kelompok bawah," ungkap Amin.

Untuk membendung itu, kedua sesepuh NU dan FPI Bangkalan berinisiasi menggelar acara bersama yang dikemas dalam tausiah dan istighasah di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Sabtu (17/3/2018).

Amin menjelaskan, gelar silaturrahmi itu sebagai wujud bahwa NU dan FPI di Bangkalan adalah satu kesatuan yang bertujuan ukhuwah islamiyah.

"Disinyalir hubungan kami tidak baik. Kami akan mulai dari Bangkalan bahwa NU dan FPI adalah satu kesatuan," pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris DPW FPI Kabupaten Bangkalan Choliq Maksus. Menurutnya, antara NU dan FPI di Bangkalan berasal dari satu guru, satu tempat, dan satu orang.

"Bangkalan harus beda karena memang dari dulu adalah satu. Karena itu kami akan menyatukan kembali," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help