Ukir Sejarah Baru, Atlet Dan Pelatih Jatim Perkuat Timnas Handball Indonesia di Asian Games 2018

"Ini sejarah baru untuk Handball Jatim, karena pertama kali atlet dan pelatih lolos pelatnas Asian Games," kata Harryanto.

Ukir Sejarah Baru, Atlet Dan Pelatih Jatim Perkuat Timnas Handball Indonesia di Asian Games 2018
surya/dya ayu
Tim pelatih Handball Jatim yang akan menjadi bagian di Timnas Handball Indonesia untuk Asian Games 2018. 

Surya.co.id | SURABAYA - Tiga atlet Handball (bola tangan) andalan Jawa Timur lolos Seleksi Nasional (Seleknas) tahap akhir Timnas bola tangan proyeksi Asian Games 2018.

Ketiganya yakni Ardian Aji Pranata (putra) dan dua atlet Putri, Felita Widyadhana serta Felicia Widyadhana, yang tak lain merupakan saudara kembar. Tiga atlet ini merupakan atlet asal Surabaya.

Ketiga atlet ini telah menyingkirkan puluhan atlet Handball lainnya dari berbagai daerah di tanah air.

Sebab sebelum ketiganya lolos seleksi akhir, dipilih 28 atlet putra dan 28 atlet putri, kemudian di kerucutkan kembali menjadi 20 putra, 17 putri.

Namun sayangnya, saat penyisihan tahap selanjutnya, dari tiga atlet Jatim, hanya satu yang bertahan ke pelatnas jangka panjang, dia adalah Felita Widyadhana, sementara Adrian dan Felicia harus gagal melaju ke pelatnas.

Felita Widyadhana, atlet handball Jatim yang masuk Pelatnas Asian Games
Felita Widyadhana, atlet handball Jatim yang masuk Pelatnas Asian Games (surya/dya ayu)

"Kebutuhan tim, persaingan antar posisi sangat-sangat ketat. Dua pemain Jatim yang tidak lolos lebih kepada visi bermain yang kurang sesuai kebutuhan. Dari 28 nama pemain yg lolos di awal sebelum di kerucutkan merupakan atlet-atlet terbaik di Indonesia," kata Muhamad Harryanto pelatih Jatim yang saat ini ditunjuk menjadi tim pelatih Timnas Handball Indonesia pada Surya.co.id, Selasa (13/3/2018).

Meski hanya satu yang lolos, Harry menegaskan, ini sudah menjadi prestasi yang membanggakan bagi Jatim karena dapat mencetak sejarah baru, memberikan sumbangsih atlet sekaligus ada pelatih yang didaulat menjadi tim pelatih untuk timnas Handball Indonesia.

"Ini merupakan sejarah untuk Jawa Timur, karena baru pertama kali ada atlet yang lolos seleknas hingga mengikuti pelatnas jangka panjang serta pelatih di panggil untuk menjadi tim pelatih di pelatnas, untuk Asian Games ini. Semoga kedepannya akan ada atlet Jatim lainnya yang masuk pelatnas pada even-even selanjutnya," harapnya.

Berhasil membawa atletnya menjadi bagian membela Indonesia di ajang Asian Games 2018 diakui Harry menjadi kepuasan dan kebanggan tersendiri. Terlebih dirinya juga ikut ambil bagian dalam kepelatihan Handball di Indonesia saat ini.

"Ini kesempatan yang berharga dan sangat membanggakan bisa berjuang membela negara tercinta di Asian Games. Saya berkesempatan langsung menimba ilmu dari pelatih senior yang kenyang pengalaman baik di level Asia maupun dunia. Semoga nantinya apa yang saya dapat bisa menjadi bekal setelah Asian Games untuk semakin mengembangkan Handball serta berbagi ilmu kepada rekan di Jatim," ujar Harry.

Sementara itu, Pelatih Kepala Timnas Handball asal Korea Selatan, Yoon Tae Ill mengatakan pihaknya masih akan fokus mempersiapkan tim dengan tryout serta Training Camp yang akan digelar dibeberapa negara sebelum memutuskan target medali yang akan diraih di Asian Games 2018 nanti.

Baca: SOSOK - Laily Rohmatul Insyiah, Kagumi Sosok BJ Habibie

Sebelumnya pada 25 Pebruari lalu, Timnas Handball sudah bertolak ke Thailand untuk menjalani tryout dan ke Korea untuk mengikuti training camp selama satu bulan.

"Kami butuh proses untuk menjadi juara, termasuk handball cabang baru yang diperkenalkan di Indonesia. Tapi saya yakin dan optimistis, semangat kerja keras atlet Indonesia, bisa berprestasi," imbuhTae Ill.

Penulis: Dya Ayu
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help