Citizen Reporter

Temukan Ini di Lereng Kawi

Lereng Kawi menyimpan kisah tersendiri. Di masyarakat banyak cerita lisan. Mereka memiliki nilai luhur yang diyakini.

Temukan Ini di Lereng Kawi
ist

Menyingkap potensi sastra lisan oleh mahasiswa Himpunan Sastra Indonesia kali ini dilakukan di lereng Gunung Kawi. Sebanyak 50 mahasiswa diterjunkan langsung untuk mengumpulkan data penelitian sekaligus melaksanakan kegiatan sosial.

Kesempatan itu sekaligus menjadi sarana untuk mengenal lebih luas berbagai fenomena budaya yang hidup dalam suatu komponen masyarakat lereng Kawi. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa kelas 3–5 SDN 01 Selorejo, Malang.

Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam ruangan, kini dialihkan di luar ruangan, Sabtu (10/3/2018). Sebelumnya, pengurus HMJ Sastra Indonesia telah dibagi menjadi lima kelompok dengan topik berbeda antarkelompok.

Walau terik matahari begitu panas, namun semangat mereka tak menurun. Pengemasan materi yang unik dan asyik menciptakan suasana belajar mengajar menjadi hidup dan tidak membosankan.

Kepala SDN 01 Selorejo menuturkan, konsep pembelajaran semacam ini tidak hanya menyenangkan melainkan juga ringan diterima siswa, khususnya siswa sekolah dasar.

Kegiatan itu merupakan serangkaian acara Mandala Sastra 2018 yang menjadi program kerja pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Bidang Keorganisasian dan Pengabdian Masyarakat.

Topik-topik yang diangkat berkenaan dengan potensi sastra lisan di daerah lereng Kawi, misalnya permainan tradisional, ungkapan khas, cerita rakyat, dan lain-lain.

Sastra lisan mengandung berbagai nilai luhur, baik moral, spiritual, maupun pendidikan karakter. Keunikan sastra lisan di setiap daerah akan menjadi identitas masyarakat yang kuat. Potensi-potensi ini dapat menjadi peluang besar bagi pegiat sastra untuk mengolaborasikannya lebih kreatif, misal saja dalam ruang lingkup pendidikan.

“Dari awal saya merasa tertantang dengan topik yang diberikan panitia. Sempat kebingungan dalam pengemasannya, namun antusiasme adik-adik di sini membuat saya lebih semangat dan percaya diri dalam menyajikan materi yang telah kami kemas bersama,” tutur salah seorang peserta Mandala Sastra 2018.

Kegiatan ini sekaligus mewadahi bidang keperpustakaan, yaitu penataan dan pengelompokan buku-buku. Peserta, khususnya bidang keperpustakaan menata ulang perpustakaan agar siswa SDN 01 Selorejo dapat dengan mudah menemukan buku tujuannya dan nyaman membaca di dalamnya.

Pengabdian ditutup dengan penyerahan sumbangan buku bacaan anak-anak oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia.

Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu
Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia UM tahun 2018

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help