Berita Surabaya

Musisi Indonesia dan Perancis Kolaborasi Bawakan Musik Zaman Barok

Le Baroque Nomade dari Perancis akan berkolaborasi dengan String Orchestra of Surabaya bawakan musik-musik Era Barok. Ini jadwalnya

Musisi Indonesia dan Perancis Kolaborasi Bawakan Musik Zaman Barok
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Jean Christophe Frisch (kaus hitam), David Irving dan Dua bersaudarawaati Finna Kurniawati dan Shienny Kurniawati melakukan persiapan jelang World Premier Tour "Batavian Baoque Music Concert"di Balai Adika Hotel Majapahit Surabaya, Selasa (13/3/2018). Konser ini akan menampilkan musik klasik kolaborasi Ënsambel Le Baroque Nomade asal Prancis dan String Orchestra of Surabaya (SOOS) Chamber Player. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Le Baroque Nomade akan menggelar konser musik klasik bertajuk "World Premier Tour: Batavian Baroque Music Consert" di Balai Andika Hotel Majapahit, Rabu (14/3/2018) pukul 19.00.

Mereka akan berkolaborasi dengan String Orchestra of Surabaya (SOOS) Chamber Players di acara tersebut.

Kolaborasi antara musisi Indonesia dan Perancis tersebut akan membawakan musik era Barok (Baroque) abad ke 17.

Jean-Christophe Frisch pemain Flute yang sekaligus pendiri Le Baroque Nomade menuturkan, grupnya memang berfokus dengan karya-karya musik eropa klasik.

"Grup ini menampilkan karya-karya perjalanan Eropa 300 tahun lalu," terangnya.

Le Baroque Nomade datang ke Indonesia untuk menjalani tour di 4 kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta.

"Terakhir kami akan konser di Jakarta tanggal 15 Maret," kata Frisch.

Ia menargetkan 400 orang akan hadir menonton konser Tour mereka di Hotel Majapahit. "Reservasi sudah penuh," jelasnya.

Saat konser di Bandung dan Yogyakarta, penonton yang hadir mencapai 1.500 orang. Masyarakat sangat antusias melihat konser Le Baroque Nomade sebab, akan ada suasana heritage atau nuansa kebudayaan.

Le Baroque Nomade akan membawakan partitude ala Batavia Baroque. Partitude Batavia Baroque ditemukan oleh David Irving pada sebuah buku peninggalan sejarah.

Batavia Baroque adalah pencampuran musik Baroque Eropa dengan Asia. Menurut Frisch, yang mengajarkan musik Baroque Eropa kepada masyarakat Indonesia adalah Belanda.

"Musik adalah bahasa yang mudah diterima meski kita berada di tempat asing," ujar Frisch.

Ia menambahkan, musisi Jawa sangat berkontribusi menyebarkan musik Eropa (Baroque) di Asia. "Musisi Indonesia cepat sekali belajar musik ini," puji Frisch.

David Irving mengatakan bahwa, Le Baroque Nomade akan mempertahankan originalitas musik Batavia Baroque. "Keaslian musik dari segi sound dan partitude akan dipertahankan seperti pada era abad 17," pungkas David.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help