Dindik Blitar Alokasikan Rp 2,7 Miliar untuk Seragam Gratis Siswa

Seragam gratis itu hanya diberikan untuk siswa sekolah negeri yang berdomisili di Kota Blitar.

Dindik Blitar Alokasikan Rp 2,7 Miliar untuk Seragam Gratis Siswa
surya/samsul hadi
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin. 

SURYA.co.id | BLITAR - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar mengalokasikan anggaran Rp 2,7 miliar untuk pengadaan seragam gratis bagi siswa TK, SD, dan SMP.

Seragam gratis itu hanya diberikan untuk siswa sekolah negeri yang berdomisili di Kota Blitar.

"Mulai tahun ini anak TK juga kami beri seragam, sebelumnya hanya siswa SD dan siswa SMP," kata Sekretaris Dindik Kota Blitar, Dindin Alinurdin, Selasa (13/3/2018).

Data dari Dinas Pendidikan Kota Blitar menyebutkan jumlah anak TK yang menerima seragam gratis sebanyak 744 anak dari 17 TK negeri. Tiap siswa masing-masing menerima dua setel seregam gratis, yakni putih biru dan batik.

Anggaran untuk pengadaan seragam gratis anak TK sekitar Rp 299 juta. Sedangkan jumlah siswa SD yang menerima seragam sebanyak 2.050 siswa.

Masing-masing siswa mendapatkan tiga setel seragam gratis, yakni, putih merah, batik, dan pramuka. Untuk siswa SMP yang menerima seragam gratis jumlahnya 2.075 anak. Tiap siswa masing-masing juga menerima tiga setel seragam gratis.

"Kalau anggaran untuk pengadaan seragam siswa SD dan siswa SMP sekitar Rp 2,4 miliar. Total anggaran yang kami siapkan untuk pengadaan seragam siswa mulai TK, SD, dan SMP sekitar Rp 2,7 miliar," ujar Dindin.

Ia mengatakan pemberian seragam gratis untuk siswa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, para siswa menerima seragam dalam bentuk jadi. Siswa tinggal memakai seragam.

Sebelumnya, Pemkot memberikan seragam dalam bentuk kain ke siswa. Para siswa menjahitkan sendiri kain seragam itu.

"Kali ini, seragam untuk siswa kami berikan dalam bentuk jadi sudah lengkap dengan atributnya. Siswa tinggal pakai saja," katanya.

Pemberian seragam dalam bentuk jadi ini agar para siswa bisa langsung memakainya saat awal tahun ajaran baru. Sebelumnya, pada awal tahun ajaran baru, para siswa belum bisa langsung memakai seragam gratis dari Pemkot.

Baca: Ditinggal Kondangan, Rumah Warga Blitar Ini Disanggongi Pencuri Bernama Jendral

Siswa masih menjahitkan dulu kain seragam. Terkadang, siswa baru memakai seragam pada akhir semester satu.

"Akhirnya siswa harus membeli seragam sendiri dulu. Tahun ini, kami berharap pada awal tahun ajaran baru, seragam gratis sudah dibagikan ke siswa. Begitu masuk sekolah, para siswa sudah memakai seragam gratis dari Pemkot," katanya

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved