Pilkada 2018

Bertemu Buruh Tembakau di Jember, Puti Kenalkan 'Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak'

Cawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno menjanjikan layanan kesehatan tanpa tolak saat bertemu para buruh tembakau di Jember

Bertemu Buruh Tembakau di Jember, Puti Kenalkan 'Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak'
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, bertemu dengan ribuan perempuan butuh tembakau di Jember, Senin (12/3/2018). 

SURYA.co.id | JEMBER - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, bertemu dengan ribuan perempuan pekerja tembakau di Jember, Senin (12/3/2018).

Di tempat itu, Cawagub yang berpasangan dengan Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini memperkenalkan program pelayanan kesehatan yang ia siapkan andai terpilih, yakni Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak.

"Kami harus mendengar apa yang menjadi keluhan para pekerja di sini. Dari dialog itu, kami mendapat beberapa masukan. Di antaranya soal pendidikan dan kesehatan," ujar Puti di sel kunjungannya, Senin (12/3/2018).

Untuk kesehatan, Puti mendengar bahwa masih banyak masyarakat yang ditolak oleh layanan kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit, karena tak memenuhi persyaratan administrasi.

Misalnya, belum terdaftar dalam BPJS atau Jamkesmas.

"Oleh karena itu, untuk meng-cover masyarakat yang belum terdaftar di BPJS maupun Jamkesmas, kami akan menyiapkan Kartu Jatim Sehat," kata Puti Soekarno.

Sementara dari sisi pelayanan kesehatan, pihaknya akan menyiapkan Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak.

"Di bidang kesehatan pun seperti itu. Kami pastikan pelayanan kesehatan tak akan menolak, karena kami siapkan Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak," ujarnya.

"Terutama untuk kesehatan perempuan pekerja juga akan kami perhatikan secara lebih melalui berbagai program unggulan," jelasnya.

Sementara di bidang ekonomi, pihaknya akan berkonsentrasi untuk mengurangi kesenjangan antara si kaya dan si miskin.

"Tadi kami juga sampaikan bahwa untuk mengurangi dispasitas atau kesenjangan di Jatim, serta beban ekonomi perempuan, kami telah menyiapka beberapa program," ujar kandidat nomor urut dua ini.

Di antaranya melalui pendidikan gratis untuk SMA dan SMK (Pendidikan Gratis Dilanjutkan / Dik Dilan). "Dengan menggratiskan pendidikan SMA/SMK maka akan sekaligus mengurangi beban ekonomi keluarga,"

"Sehingga, upah mereka bisa digunakan untuk pembiayaan lainnya," lanjutnya.

Di sela acara diskusi tersebut, Mbak Puti juga sempat menyanyikan jingle kampanye pasangan ini, 'Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur' bersama para buruh.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help