Citizen Reporter

Begini kalau Senior Tunduk pada Mahasiswa Baru

Panitia selalu senior? Tidak juga. Yang ini justru dibalik. Para yunior menjadi panitia dan pesertanya mahasiswa lama yang sengaja bandel.

Begini kalau Senior Tunduk pada Mahasiswa Baru
ist

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan salah satu organisasi pergerakan mahasiswa besar yang ada di Indonesia. PMII memiliki banyak sekali kegiatan, salah satunya adalah Kemah Anggota Rayon (KAR).

KAR kali ini diadakan salah satu rayon PMII yang ada di UIN Maliki Malang yakni PMII Rayon Ekonomi Moch Hatta Malang. Lokasi pelaksanaan KAR kali ini berada di Pantai Ngudel, Desa Sidurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jumat-Minggu (2-4/3/2018).

KAR ini berbeda dengan kemah-kemah atau acara organisasi mahasiswa pada umumya. Pada KAR ini yang menjadi panitia adalah para anggota baru sedangkan pesertanya merupakan anggota lama.

Penunjukan para anggota baru sebagai panitia bertujuan untuk melatih para anggota baru tentang cara berorganisasi dan menjalankannya dengan baik dan benar. Itu seperti bagaimana cara bekerja sebagai ketua pelaksana, sekretaris, seksi humas, dan bagian yang lain.

Para anggota baru yang menjadi panitia kebanyakan adalah para mahasiswa baru. Tak hanya itu, pelaksanaan KAR PMII itu juga bermaksud untuk saling mengakrabkan para anggota baru dengan para anggota lama.

Tema kegiatan KAR tahun ini adalah Bergerak Bersama dalam Satu Bingkai Persaudaraan. Tema itu berarti dari awal sudah memiliki niat untuk bergerak dan berjuang bersama dalam satu wadah PMII.

Persahabatan yang terjalin di dalamnya akan tetap terjalin sampai kapan pun tanpa memandang usia. Sampai lulus pun tetap menjadi sahabat.

Kegiatan-kegiatan dalam KAR kebanyakan diisi dengan permainan. Itu sesuai dengan tujuan dari KAR PMII, yakni untuk mengakrabkan para anggotanya. Ada satu yang menarik, yakni para pesertanya agak bandel.

Itu disengaja untuk mengetes para anggota baru. Mereka harus dapat mengatasi peserta yang bandel dan bagaimana mereka tetap kompak dalam menjalankan tugas agar acara itu tetap bisa berjalan dengan baik.

Tak hanya bermain, saat KAR juga diadakan bakti sosial. Mereka membersihkan pantai dari sampah serta penanaman seratus bibit pohon di sekitar pantai. Tentu saja hal itu cukup mendapat apresiasi dari warga setempat.

Semoga saja acara KAR masih bisa diselenggarakan setiap tahun dan semakin baik.

Eko Junaidi Setiawan
Anggota PMII Rayon Ekonomi Moch Hatta UIN Maliki Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved