Citizen Reporter

Seperti Ini Cara Membuat Anak Gembira

Membuat anak gembira itu sederhana. Yang dilakukan petugas di Taman Bacaan Masyarakat di Krembangan Utara Surabaya bisa diadaptasi.

Seperti Ini Cara Membuat Anak Gembira
pixabay.com

Hujan masih turun dengan deras di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) RW VII Krembangan Utara, Surabaya. Ketua RT dan remaja Karang Taruna sibuk memasang terpal di depan TBM supaya air tidak tempias saat anak-anak berlomba.

TBM di Jalan Kebalen Wetan Gang V menjadi tempat lomba melengkapi gambar dan mewarna, Sabtu (24/2/2018). Beberapa anak sudah datang. Dengan sigap bocah-bocah cilik itu mengisi buku pengunjung.

Tak disangka, pesertanya mencapai 70 anak. Itu menggembirakan karena dapat mengisi waktu mereka dengan aktivitas bermanfaat.

Hujan reda. Acara dimulai dengan berdoa dan diisi dengan story telling. Iwan yang membawakan story telling Singa dan Kancil membuat anak-anak berkonsentrasi untuk memahami fabel itu.

Maklum, setelah story telling, ada lima pertanyaan yang harus dijawab. Kegiatan selingan itu dapat melatih pemahaman dan ingatan anak-anak.

Setelah itu, dimulailah lomba mewarnai dan lomba melengkapi gambar. Lila (8) tampak fokus mewarnai. Crayon digenggam untuk mengisi bidang kosong di kertas gambarnya. Ia tetap melanjutkan mewarnai meskipun kertasnya sempat basah terkena cipratan air hujan.

Ia tidak putus asa. Yang penting adalah menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.

Semakin anak-anak sering mengikuti lomba mewarnai, ia dapat mengasah kreativitas dalam memberi warna pada objek.

Intan (10) juga bersemangat menggambar pegunungan. Imajinasinya dituangkan dalam gambar.
Selesai lomba dan menunggu penilaian, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel yang menjadi panitia membagikan kue. Anak-anak menunggu dengan tenang.

Ketika diumumkan, Intan menjadi juara 1 lomba melengkapi gambar dan Lila juga menjadi juara 1 lomba mewarnai. Dua gadis mungil itu gembira. Mereka menjadi juara.

Safira Fithriyah
TBM RW VII Krembangan Utara Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help