Citizen Reporter

Nostalgia Menu Drakor, Nikmati Kimbap

Ngefans artis Korea sudah, menangis berderai-derai saat menonton drakor juga sering. Sekarang saatnya mencicipi sajian Korea. Hanya Rp 18 ribuan, mau?

Nostalgia Menu Drakor, Nikmati Kimbap
ist

Kirin. Yang ini bukan merek peralatan memasak. Di Malang, Kirin menjadi tempat yang tidak asing bagi pecinta makanan Korea.

Kirin akronim dari Kimbap Rina. Itu tempat makan masakan Korea bersertifikat halal MUI pertama di Jawa Timur.

Selain akronim pemiliknya, Kirin juga berarti jerapah sehingga logo kedai itu jerapah. Kedai yang berlokasi di Jalan Kalpataru 40 itu juga merupakan kedai masakan Korea yang termasuk pertama di Kota Malang.

Pemiliknya, Vebrina Wahyu, menganut konsep kedai kimbap yang sering ditemui di Korea Selatan. Dekorasinya minimalis namun menarik.

Pilihan menu yang tersaji familiar dengan para penikmat makanan Korea. Sebut saja bibimbap, rapokki, nasi goreng kimchi, odeng, budae jjigae, sundubu jjigae, teokpokki, dakgalbi, patbingsu, dan tentu saja kimbap.

Kimbap merupakan nasi gulung isi laiknya sushi di Jepang. Kimbap di situ tersedia dalam varian isi daging sapi dan ikan tuna. Walaupun menu minuman ala Korea di sini tidak bervariasi, hanya ada patbingsu, tetapi bukan berati tidak ada pilihan menu minuman di sini.

Selain air mineral, ada susu berbagai rasa dan teh dalam kemasan. Untuk harga, jangan tanya! Pasti sesuai dengan kualitas dan kantong mahasiswa. Mulai dari Rp18 ribu hingga Rp 62 ribu. Pengunjung yang datang beramai-ramai lebih baik memilih menu paket budae jjigae untuk 3–4 orang.

Sejatinya, budae jjigae merupakan sejenis sup yang dimasak rakyat Korea setelah berakhirnya Perang Korea. Rakyat membuat sup berbumbu gochuang pedas dan mengombinasikannya dengan ham dan daging kalengan yang merupakan bahan makanan yang berlebih dari pangkalan militer Amerika.

Saat ini, budae jjigae merupakan makanan yang sangat populer dengan isian sayur-mayur, jamur, mi ramyun, teokpokki, kimchi, makaroni, keju, dan lain-lain.

Nah, jika teokpokki merupakan kue beras yang dicampur dengan gilingan ikan, telur, dan bawang-bawangan, maka rapokki merupakan ramen dengan teokpokki. Seperti pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Pesan satu menu, namun mendapat dua jenis masakan sekaligus.

Kedai yang buka setiap hari kecuali Kamis itu selalu ramai pembeli. Antrean kerap memanjang walaupun baru dua jam dibuka. Jam buka kedai ini mulai pukul 12.00–19.00. Hati-hati, menu-menu andalan lebih sering habis sebelum pukul 19.00.

Tidak seperti dalam dama Korea, jangan mencari minuman keras di sini. Jika terdengar azan, pelayanan akan berlangsung melambat sekitar 30 menit karena para pekerja mendulukan salat.

Septa Widya Etika
Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help