Citizen Reporter

Ingin Mandiri, Selesaikan Rutenya

Rute sudah ditentukan. Semua harus menyelesaikan seluruh rute lengkap dengan pos-pos transit. Itu supaya siswa mandiri.

Ingin Mandiri, Selesaikan Rutenya
pixabay.com

Puncak kegiatan Persami SMK Salafiah Kejayan (Sang Saka) Kabupaten Pasuruan, Sabtu (24/2/2018) berjalan sesuai jadwal dan lancar. Meskipun pada sore diguyur hujan yang lumayan lebat, hal itu tidak menyurutkan antusiasme siswa-siswa Sang Saka untuk mengikuti Persami hingga akhir.

Persami dibuka Kepala Sang Saka, dengan dihadiri aparat pemerintahan desa setempat dan para pengurus Yayasan Pendidikan Salafiah Kejayan. Kegiatan kali ini bertema “melalui kebersamaan kita ciptakan generasi bangsa yang berjiwa pemberani, cerdas, dan bertanggung jawab”.

Berbagai kegiatan diadakan, berupa penjelahan alam, quis atau turnamen individu, hingga game-game yang menuntut kerja sama tim. Kegiatan disesuaikan dengan tema utama.

Untuk membentuk tema generasi bangsa yang berjiwa pemberani, dibuatlah penjelahan alam pada malam hari. Penjelajahan dilakukan kelompok-kelompok peserta untuk mengenal lingkungan sekitar sekolah dan melatih jiwa kemandirian peserta.

Selama dua jam mulai pukul 20.00, mereka menyusuri rute yang sudah ditentukan. Tersedia pos-pos transit. Saat tiba di pos, mereka mendapat pertanyaan tentang pengetahuan umum. Di situlah jiwa kecerdasan siswa ditumbuhkan.

Sorenya, juga dilakukan permainan yang menuntut kerja sama tim. Masing-masing kelompok menyelesaikan game dengan penuh tanggung jawab. Rasa kebersamaan dalam keberhasilan menyelesaikan game merupakan bentuk dari penciptaan tema generasi yang bertanggung jawab.

Puncak acara ditutup dengan api unggun. Semua merenung bersama dengan mengelilingi api unggun.
Berbagai acara seni dan kreasi siswa ditampilkan. Ada yang bernyanyi, menari, dan ada pula yang membaca puisi. Semua peserta benar-benar larut dalam kegembiraan.

Bersama api unggun itulah kebersamaan antarsiswa dan guru pembina terjalin. Rasa saling memiliki sekolah benar-benar terwujud.

Taufan Hadi
Guru SMKN 1 Purwosari, Pasuruan

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help