Citizen Reporter

Cantik Sih Tetapi Seram

Cantik-cantik serem. Begitu ada berita orang yang hilang, keseramannya bertambah. Meski begitu, si cantik ini tetap dicari.

Cantik Sih Tetapi Seram
ist

Pantai di wilayah selatan selalu membuat penasaran. Ombaknya yang bergelora menyimpan kengerian sekaligus kecantikan.

Pantai Parangkusumo menjadi salah satu pantai yang indah di selatan Pulau Jawa. Letaknya di daerah Bantul selatan, Yogyakarta. Pantai itu berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Itu sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota dalam kondisi normal.

Selain memiliki pantai yang cantik, pantai ini pun dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap. Jika Anda membutuhkan tempat makan, toliet, atau musala bahkan penginapan, semua fasilitas itu tersedia. Akhir-akhir ini pengunjung dimanjakan dengan tersedianya kolam air tawar hangat di pinggiran pantai.

Selain pemadangannnya yang indah, Pantai Parangkusumo memiliki hamparan pasir yang luas. Hamparan pasir pantai ini tak jarang menjadi alternatif tersendiri bagi mereka yang takut ombak untuk bermain pasir sembari menikmati keindahan pantai.

Berbicara tentang ombak, pengunjung harus mewaspadai ombak pantai itu. Seperti umumnya pantai selatan yang langsung menghadap samudera, Pantai Parangkusumo pun memiliki ombak yang besar dan ganas. Jika berenang, wajib waspada.

Dengan kondisi ombak yang besar jangan takut akan kehabisan objek wisata. Selain memiliki objek wisata pantai, daerah Parangkusumo pun memiliki objek wisata lainnya. Salah satunya adalah situs sejarah kebudayaan.

Situs tersebut bernama Cepuri Parangkusumo. Itu sebuah makam yang sering dijadikan tempat tujuan sebagian masyarakat untuk berziarah.

Namun siapa sangka, di balik keindahannya, pantai ini ternyata banyak cerita “seram” dan musibah memakan korban. Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa di pantai selatan selalu ada mitos untuk tidak mengenakan pakaian hijau. Konon dia akan menghilang jika memakai baju hijau.

Di luar mitos itu, pantai dengan ombak besar tidak membuat pengunjung waspada. Kurang berhati-hati atau karena lengah dapat menyebabkan terseret ombak hingga ke tengah lautan.

Terlepas dari benar tidaknya mitos itu, yang pasti Pantai Parangkusumo tetap menarik dikunjungi. Tentu pengunjung harus selalu berjaga-jaga dan waspada.

Muhammad Taufiq BNP
Mahasiswa Universitas Brawijaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help