Bisnis

Diresmikan Presiden Joko Widodo, JIIPE Ditarget Naikkan Jumlah Kunjungan Kapal di Jatim

Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di kawasan Manyar, Kabupaten Gresik, Jumat (9/3/2018).

Diresmikan Presiden Joko Widodo, JIIPE Ditarget Naikkan Jumlah Kunjungan Kapal di Jatim
ist/humas pemprov jatim
Peresmian JIIPE di Manyar, Gresik, Jumat (9/3/2018) 

SURYA.co.id | GRESIK - Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di kawasan Manyar, Kabupaten Gresik, Jumat (9/3/2018).

"Dengan mengucapkan Bismillah, saya resmikan JIPPE di kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jangan ada masalah perizinan karena ini akan buka lapangan pekerjaan yang besar bagi kita," kata Presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut.

Selanjutnya dalam sambutan, Jokowi menyatakan, dirinya sangat menghargai keberadaan JIIPE ini.

"Yang juga sudah bekerja sama dengan pondok pesantren. Saya sangat menghargai itu, cara kerja sama seperti yang dilakukan JIIPE ini bisa difotokopi, tanyakan ke ponpes SDM apa yang ada di sana, ambil semuanya kalau belum bisa latih, 'vocational training', komupter mengoperasikan mesin-mesin modern," ungkap Jokowi.

Dirinya juga yakin bahwa santri-santri di Gresik dan sekitarnya dapat menjadi tenaga terampil di kawasan itu.

"Saya kira santri-santri kita pintar-pintar juga dan yang paling penting akhlaknya bagus-bagus, gampang diatur dan akhlaknya baik-baik bener tidak?" kata Presiden.

(Baca: Pakde Karwo: Keberadaan JIIPE Ciptakan Iklim Ekonomi Kondusif di Jatim)

Jokowi juga memuji kawasan industri JIIPE yang terintegrasi dengan pelabuhan dan tersedia pembangkit listrik dengan penyediaan skema fasilitas di pelabuhan bekerja sama dengan Pelindo.

"Iniah yang mempercepat yang namanya tol, pembangkit listrik cepat dikerjakan tapi kalau swasta mau kerja sendiri juga baik tapi kalau kerja sama dengan BUMN itu akan mempercepat," lanjut Presiden.

Kawasan JIIPE memiliki memiliki Izin Usaha Kawasan Industri seluas 1.760 hektare yang dilengkapi pembangkit tenaga listrik 23 megawatt. Kawasan ini dilengkapi dengan water treatment plant, jaringan pipa gas yang terkoneksi dengan pipa gas Perusahaan Gas Negara (PGN), Sistem Telekomunikasi fiber optik dan internet broadband serta pelabuhan.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved