Citizen Reporter

Metode Ini Melarang Guru Marah

Tidak hanya calistung yang harus dikuasai. Kemampuan anak untuk sabar mengantre, menghormati orang lain, dan santun juga harus diberikan.

Metode Ini Melarang Guru Marah
ist

Peran masjid tidak hanya sebagai fasilitas ibadah. Masjid juga berperan dalam membentuk jemaah di dalamnya sebagai insan yang bertaqwa.

Salah satu peran itu dibuktikan Masjid Al Hidayah Medayu Utara 30 Surabaya dengan mendirikan KB TK Salman Al Farizi. Tujuannya untuk memfasilitasi jemaah dalam pendidikan anak-anak. KB TK Salman Al Farizi memilih metode sentra dalam proses belajar mengajarnya.

Metode sentra menekankan dibentuknya karakter positif pada anak didik sejak dini. Banyak orang tua tidak peduli teknik mengajar di sekolah anak-anaknya. Yang penting, anak-anak yang sekolah di tingkat KB TK akan berhasil jika sudah dapat membaca dan menghitung.

Bukan hanya calistung yang harus dikuasai, anak-anak juga diajak untuk sabar, mandiri, bisa antre, membuang sampah pada tempatnya, bisa klasifikasi, dan kemampuan lain.

Itu harus diikuti dengan pendidikan dan pengawasan dari orang tua. Interaksi anak dan orang tua membentuk karakter anak.

Metode sentra yang digunakan KB TK Salman Al Farizi dapat diterima di kalangan wali murid karena memadukan unsur pembentukan karakter positif anak sejak dini diikuti dengan pembentukan kemampuan anak yang ramah. Metode sentra pertama dikenalkan Pamela Phelps dalam karyanya “Beyond Center and Circle Time”.

Anak-anak dibiasakan mengelompokkan atau klasifikasi masalah, mampu membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak, mampu mengubah mindset tentang teman untuk disayang, dan menumbuhkan sikap empati dengan cara menyisihkan uang jajan untuk infak.

Mereka juga diajak menghormati guru dan orang tua dengan mengucapkan salam dan mencium tangan ketika datang dan pergi dari sekolah.

Ada kebiasaan positif yang ditanamkan. Anak dibiasakan mandiri dengan memakai dan melepas sepatu sekaligus menata sepatu di rak, serta saling menghormati teman dengan membiasakan mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu dan meminta maaf bila melakukan kesalahan. Itu dilakukan saat outing di Kebun Bibit Surabaya, Sabtu (3/2/2018)

Cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga diberikan. Anak menjaga kebersihan dan kesehatan sendiri dengan cara mencuci tangan mereka sebelum makan, berdoa sebelum makan, dan menyiram kamar mandi atau WC setelah buang air kecil dan buang air besar.

Dalam metode sentra, setiap kegiatan memiliki tujuan, membiasakan siswa menggunakan barang sesuai fungsi, dan yang paling penting para guru mengaplikasikan anti-3M.

Guru tidak boleh marah, guru tidak boleh melarang, dan guru tidak boleh menyuruh. Lalu apa yang dilakukan jika ada masalah dalam proses pembelajaran? Metode itu menerapkan lima tahap untuk intervensi masalah. Guru mengamati dulu, baru langkah berikutnya pada intervensi fisik. Itu pun harus dimulai dengan kalimat, ‘Bunda izin pegang tangan ya’.

Metode itu tidak jauh berbeda dengan metode konvensional di sekolah. Pembentukan karakter nilai-nilai positif akan tertanam begitu dalam oleh anak didik sejak usia dini.

Masyhur
Pengurus Yayasan Masjid Al Hidayah Medayu Utara Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help