Citizen Reporter

Masa Kecil Puas dengan Dongeng? Jadi Cerdas, Lho!

Jangan remehkan mendongeng. Manfaatnya luar biasa. Anak yang masa kecilnya puas dengan dongeng akan menjadi cerdas.

Masa Kecil Puas dengan Dongeng? Jadi Cerdas, Lho!
pixabay.com

Mendongeng tentu sudah tidak asing di kalangan guru untuk menjadi salah satu media dalam pembelajaran. Itu terutama untuk membentuk karakter anak lewat kisah-kisah inspiratif dalam cerita dongeng.

Salah satu upaya pelestarian budaya mendongeng program studi PG-PAUD Universitas Trunojoyo Madura mengadakan sebuah seminar nasional yang bertemakan mendongeng. Kegiatan itu berlangsung di gedung serba guna Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Selasa (6/3/2018).

Acara dibuka dengan alunan orkes keroncong Srawung yang membawakan lagu nasional Indonesia Pusaka yang membuat ratusan peserta kagum dengan memberi tepuk tangan meriah. Seminar yang dibuka untuk umum itu merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan PG-PAUD UTM.

Pembicara dalam seminar itu adalah Aryo Zidni yang merupakan pendongeng dan penulis buku cerita. Ia merupakan anggota Direktur Dongeng Internasional Indonesia dan juga pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, mendongeng merupakan hal yang menggembirakan bagi dunia pendidikan. Itu ditambahkan rektor tentang manfaat mendongeng untuk meningkatkan karakter, mencerdaskan generasi anak-anak bangsa, dan menjadi unggulan media PG-PAUD.

“Mendongeng juga perlu keahlian dan keterampilan yang dapat diperoleh dengan latihan. Yang paling menting dalam mendongeng adalah memahami bagaimana kondisi anak saat itu,” kata Aryo yang sering disapa Kak Aio itu.

Dia menambahkan, mendongeng yang diterapkan sejak usia dini selain untuk membangun karakter anak juga sebagai bentuk pelestarian budaya sastra lisan Indonesia yang kaya dan beragam. Saat budaya sastra lisan mulai terkikis teknologi. Semoga dengan mendongeng, budaya bangsa tetap lestari.

Ilma Luthfi Tsania
Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help