Bisnis

Maksimalkan BKSP, Kadin Jatim Gandeng IHK Jerman Untuk Tingkatkan Pekerja Profesi

BKSP yang berada di bawah naungan Kadin Jatim mulai agresif mendongkrak mutu pekerja lewat peningkatan kompetensi keahlian.

Maksimalkan BKSP, Kadin Jatim Gandeng IHK Jerman Untuk Tingkatkan Pekerja Profesi
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Pelatihan BKSP Kadin Jatim bersama kadin Jerman, yang digelar untuk para pekerja profesi tertentu, Selasa (6/3/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) yang berada di bawah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur mulai agresif melakukan peningkatan mutu pekerja melalui kegiatan peningkatan kompetensi keahlian.

Salah satu kegiatan dilakukan dengan menggandeng "Industrie-und Handelskammer" (IHK), organisasi serupa Kadin dari negara Jerman.

Wakil Ketua Bidang Pertanian Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto, mengatakan saat ini ada pekerja profesi uang sudah disiapkan untuk ikut dalam kegiatan bersama Jerman ini.

"Mereka kami bidik untuk dikerjasamakan dengan Jerman antara lain perawat, mekanik, kimia biologi dan pertanian, serta administrasi," kata Adik, Selasa (6/3/2018). 

Pelatihan bekerjasama dengan Jerman ini akan digelar selama delapan kali dalam kurun tahun 2018, atau meningkat daripada pelatihan serupa tahu 2017 yang hanya digelar enam kali.

Diakui Adik, dari beberapa pekerja profesi tersebut, yang paling diminati adalah teknik, seperti mekanik dan mesin yang mencapai 40 persen.

Dengan peningkatan kompetensi diharapkan bisa menjadi pekerja profesional yang kini sudah menjadi tuntutan, serta memiliki kemampuan untuk memikul tanggung jawab.

"Selain itu bisa memiliki inisiatif dan pengendalian diri, kemudian membuat keputusan dalam lingkup tanggung jawab yang diberikan kepadanya," jelas Adik.

Kompetensi pekerja profesi di Indonesia, saat ini masih minim, akibatnya beberapa pekerja profesi atau lulusan sekolah kejuruan bekerja diluar kompetensinya, sehingga ilmu dan kemampuan yang didapat selama menempuh pendidikan tidak berguna.

Adik yang juga menjabat sebagai Ketua BKSP Jatim berharap, dengan kerja sama Kadin Jerman para pekerja di Jatim bisa mendapatkan sertifikat sesuai kemampuan dan bekerja sesuai dengan bidangnya.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved