Citizen Reporter

Ini Rasanya Nasi Bumbu Cinta

Tidak perlu berpikir terlalu tinggi. Lakukan yang bisa dilakukan. Kalau bisa berbagi sedikit untuk sebungkus nasi, mari lakukan itu.

Ini Rasanya Nasi Bumbu Cinta
ist

Kepedulian sosial terhadap sesama bisa dilakukan oleh siapa saja dan dalam berbagai macam bentuk aksi nyata. Hal itu tentunya diawali dengan melihat permasalahan yang ada di lingkungan sekitar.

Itulah yang kemudian menjadi titik awal bagi beberapa mahasiswa Universitas Brawijaya untuk mendirikan komunitas bernama Mangan.mlg. Komunitas yang didirikan pada Oktober 2017 itu berfokus untuk membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di Kota Malang.

Mahfud Adzanu, Koordinator Mangan.mlg mengatakan, salah satu tujuan didirikannya Mangan.mlg adalah untuk mengajak anak-anak muda di Kota Malang agar memiliki semangat untuk berbagi. Itu terutama kepada orang-orang yang membutuhkan melalui makanan.

“Kami ingin mengajak anak-anak muda melalui media sosial untuk berbagi makanan. Dari kebiasaan ketika muda ini harapannya bisa berkembang nantinya.” Katanya saat ditemui Senin (4/3/2018) di Robara Coffee, Malang.

Mahasiswa Universitas Brawijaya itu menambahkan, masih ada daerah di Kota Malang dengan indeks kemiskinan yang cukup tinggi. Itu yang kemudian menjadi target utama dari Mangan.mlg untuk berbagi.

“Di Malang yang paling banyak di Pasar Besar. Di sana ada banyak tunawisma. Mangan.mlg ini membantu sebisanya aja sebagai manusia, membantu mereka dari makanan. Mungkin untuk kita berbagi makanan ini udah biasa, tetapi untuk mereka yang menerima malah dinanti-nanti,” tambah Mahfudz.

Faiz Syafiq, salah satu anggota Mangan.mlg mengatakan kegiatan berbagi makanan ini dilakukan seminggu sekali saat malam. Faiz menuturkan, mereka biasa beraksi mulai pukul 21.00.

“Biasanya jam segitu orang-orang tidur. Kalau pagi mereka masih beraktivitas,” ucapnya.

Anggota Mangan.mlg lainnya, Fadillah, menambahkan sejak didirikannya Mangan.mlg ini total sudah menampung donasi Rp 3 juta yang berasal dari teman kuliah maupun followers di Instagram @mangan.mlg. Hasil donasi itu dibelikan makanan untuk dibagikan. Dana itu menjadi 500 bungkus nasi.

Melalui kegiatan Mangan.mlg ini diharapkan makin banyak anak muda sebagai agen perubah. Mereka terjun langsung membantu masyarakat sesuai dengan kemampuannya.

“Dari hal kecil kaya gini bagi-bagi makanan terus berlanjutlah biar sampai tua dan lebih besar lagi bagi-baginya. Segala sesuatu yang dibagikan itu tidak ada yang sia-sia. Jadi terus semangat berbagi aja untuk generasi muda,” ucap Mahfud.

Ibnu Dharma Nugraha
Mahasiswa Universitas Brawijaya
Wakil Ketua Brawijaya Mengajar EM UB 2017

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help