Citizen Reporter

Ini Cara Tetap Bersih dan Tidak Lembap

Kamar kecil selalu lembap, apalagi jika digunakan banyak orang seperti di sekolah. Ada kok caranya supaya tetap bersih.

Ini Cara Tetap Bersih dan Tidak Lembap
pixabay.com

Pada umumnya, sulit menjaga kebersihan kamar mandi di sekolah karena digunakan oleh banyak siswa. Mulai dari bau tidak sedap, sampah berserakan, ataupun kotoran dari sepatu siswa sering dijumpai di kamar mandi siswa. Namun, hal ini bisa diatasi oleh MTsN 3 Pasuruan.

Untuk menyukseskan program Madrasah Hijau, MTsN 3 Pasuruan terus berbenah diri. Salah satunya dengan meningkatkan kebersihan kamar mandi siswa, agar siswa semakin nyaman di sekolah.

Hal itu dilakukan dengan menggelar keset besar hijau di depan pintu kamar mandi siswa serta menyediakan sandal khusus untuk masuk ke kamar mandi. Di dekat kamar mandi juga dipasang poster hasil karya siswa yang mengingatkan untuk melepas sepatu dan menggunakan sandal ketika masuk ke kamar mandi.

Adanya keset yang besar (mirip karpet) ini sangat berpengaruh terhadap kebersihan kamar mandi siswa. Keset ini berfungsi untuk menyerap air dari sandal saat siswa keluar dari kamar mandi.

Jika siswa hendak ke kamar mandi, mereka harus melepas sepatu kemudian ganti memakai sandal untuk masuk ke kamar mandi. Dengan demikian kotoran yang biasa terbawa oleh sepatu tidak terbawa ke kamar mandi. Selesai dari kamar mandi, mereka mengganti sandal dengan sepatu kembali.

Memang butuh waktu agak lama untuk mengganti sepatu dengan sandal, namun hasilnya sangat memuaskan. Kebersihan kamar mandi sangat terjaga.

Hamparan keset berwarna hijau berpadu dengan indahnya tanaman hias yang diletakkan di dinding-dinding luar kamar mandi. Tempat sampah juga disediakan di kamar mandi sehingga tidak ada lagi sampah yang berserakan. Di dalam kamar mandi juga diberi pengharum ruangan untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Dengan adanya program toilet bersih ini, diharapkan para siswa semakin nyaman dan bersemangat untuk belajar di MTsN 3 Pasuruan. Peran serta siswa sangat menentukan keberhasilan program ini.

Mereka mengganti sepatu dengan sandal ketika masuk ke kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, serta menjaga tanaman hias yang terpasang di dinding. Semoga kebiasaan menjaga kebersihan toilet di sekolah akan membentuk karakter peduli lingkungan di mana pun mereka berada.

Nanik Indahyati
Guru IPA di MTsN 3 Pasuruan

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved