Berita Pendidikan Surabaya

Sehari Jelang Penutupan Pendaftaran SNMPTN, Pendaftar Unair Tembus 25.151

Sehari jelang penutupan pendaftaran SNMPTN, pendaftar di Universitas Airlangga (Unair) untuk pilihan 1 dan 2 mencapai 25.151 peserta.

Sehari Jelang Penutupan Pendaftaran SNMPTN, Pendaftar Unair Tembus 25.151
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sehari menjelang penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pendaftar di Universitas Airlangga (Unair) untuk pilihan 1 dan 2 mencapai 25.151 peserta.

Pendaftaran SNMPTN dibuka sejak 13 Januari lalu dan akan ditutup pada 6 Maret. Nantinya, hasil seleksi akan diumumkan pada 17 April mendatang.

Rektor Unair, Prof Moh Nasih mengungkapkan jumlah pendaftar ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Padahal jalur SNMPTN hanya disediakan kuota 1.554 mahasiswa baru.

"Peminat tiap prodi juga meningkat. Seperti biasa, prodi favorit seperti pendidikan dokter, ilmu komunikasi, hubungan internasional, kedokteran hewan, jumlah pendaftarnya melebihi pagu yang disediakan,"ujarnya pada SURYA.co.id, Senin (5/3/2018).

Ia merinci pendaftar pendidikan dokter mencapai 1.370 orang padahal kuotanya di jalur SNMPTN hanya 66. Kemudian Prodi Ilmu Komunikasi pendaftarnya 810 untuk kuota 33 mahasiswa baru.

"Hitungan kasar sementara ini, keketatan masuk Unair pada jalur SNMPTN mencapai 1:17. Artinya, 1 kursi diperebutkan 17 calon mahasiswa,"jelasnya.

Nasih mengungkapkan, angka tersebut bisa berubah karena waktu pendaftaran belum ditutup.

"Masih ada waktu satu setengah hari. Namanya pendaftaran tidak bayar saja, silakan segera daftar. Kalau nantinya tidak diterima SNMPTN, ya mencoba di SBMPTN. Kalau SBMPTN tidak diterima juga masih ada jalur mandiri," ungkapnya.

Menurut Nasih, dari 25 ribu pendaftar SNMPTN tersebut, 3.553 orang merupakan pendaftar beasiswa bidik misi. Jumlah itu melebihi kuota bidik misi yang diberi pusat kepada Unair.

"Kemenristekdikti memberi jatah Unair 1.000 bidik misi. Nanti kami bagi kuotanya ke dua jalur penerimaan, yakni SNMPTN dan SBMPTN," katanya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help