Citizen Reporter

Ibu Ini Sukses Menjual Jus Lemon ke Singapura

Peluang usaha ada di mana-mana. Mencari ceruk yang belum banyak digarap orang adalah langkah jitu. Dari jus lemon, ratusan juta rupiah didapat.

Ibu Ini Sukses Menjual Jus Lemon ke Singapura
pixabay.com

Anda ibu rumah tangga yang tak suka berdiam diri? Atau, Anda wanita bekerja yang ingin memiliki penghasilan sampingan? Online shop sering menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengerjakannya dari mana saja dan kapan saja.

Demikian pula yang dilakukan Efry Korina, ibu rumah tangga di Depok yang sukses membidani bisnis lemon. Wanita yang biasa disapa Efry itu mengusung produk sari lemon murni yang diberi nama Sarlemjus Sheila Fresh. Sarlemjus merupakan singkatan dari sari lemon jus.

“Lemon adalah produk kesehatan yang alami, ramah di kantong, dan banyak dijumpai di sekitar. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui manfaat lemon ini. Karena itu, saya terpanggil untuk menyampaikan atau mengedukasi masyarakat tentang manfaat lemon lewat produk Sheila Fresh,” ucap Efry, saat ditanya tentang alasan memilih lemon sebagai komoditas yang diusungnya.

Ia menambahkan, lemon juga menjadi produk yang repeat order-nya tinggi. Artinya, itu bisnis bagus.

“Ini bukan bisnis tabrak lari, melainkan bisnis jangka panjang,” imbuhnya.

Dengan alasan itulah, Efry serius mengembangkan bisnis dengan strategi pemasaran secara daring (online). Ia menggandeng banyak mitra bisnis yang kebanyakan adalah ibu-ibu.

Strategi itu terbukti sukses mendongkrak penjualannya. Dalam waktu yang relatif singkat, Efry berhasil meraup keuntungan ratusan juta rupiah.

Berkat strategi itu pula, bisnis sari lemon yang dirintis sejak Juni 2015 itu telah menjelajah banyak wilayah di Indonesia. Ratusan mitra bisnis yang tersebar di banyak kota di Indonesia menjadi pilar utamanya. Kini, ia bahkan tengah mempersiapkan diri menembus pasar luar negeri.

“Alhamdulillah, dalam waktu dekat kami akan mengekspor Sarlemjus ke sejumlah restoran dan hotel di Singapura,” ungkapnya.

Untuk menjaga ketersediaan stok bahan mentah, Efry berinisiatif menanam pohon lemon. Perkebunan lemon seluas 5 hektare dikelolanya bersama keluarga di daerah Sumatra.

Selain menjaga kualitas produk, langkah yang dilakukan untuk meningkatkan omzet adalah dengan rajin mengikuti pelatihan-pelatihan marketing. Motivasi dan bimbingan bisnis pun selalu dilakukan terhadap mitra bisnis yang disebutnya sebagai “super team”. Efry sadar, merekalah ujung tombak bisnis manisnya ini.

Bety Sulistyorini
Ibu Rumah Tangga dan Penulis Buku
Bantul, Yogyakarta

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help