Pilgub Jatim 2018

Puti Soekarno Ajak Generasi Milenial Kembangkan Wisata di Jatim, begini Solusi Ditawarkan

"Saya mendorong anak muda untuk memberikan sumbangan pemikiran," ujar Puti di Omah Jaman Now, di Surabaya.

Puti Soekarno Ajak Generasi Milenial Kembangkan Wisata di  Jatim, begini Solusi Ditawarkan
surya/bobby constantine koloway
Puti Guntur Soekarno hadir bersama para anak muda dan selebgram pada acara Unboxing Selebgram "Kupas Tuntas Sampai Puas" di Omah Jaman Now, di Surabaya, Minggu (25/2/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim, Puti Guntur Soekarno, menyebut untuk mengembangkan potensi pariwisata di Jawa Timur, pemerintah akan melibatkan seluruh pihak. Terutama, para pemuda yang tergabung dalam generasi milenial.

Menurut penjelasan kandidat nomor urut dua ini, pemuda memiliki potensi besar dalam membantu mengembangkan wisata. Dimulai dari memberikan ide konsep awal pengembangan.

"Saya mendorong anak muda untuk memberikan sumbangan pemikiran. Sebenarnya, wisata di Jatim ini memang tinggal maintenance (pemeliharaan) nya saja. Sebab, kalau sudah dipetakan, pariwisata di Jatim ini sudah banyak sekali," ujar Puti Soekarno pada acara Unboxing Selebgram bertema "No One To Someone" di Omah Jaman Now, di Surabaya, Minggu (25/2/2018).

Ia mencontohkan tentang industri kuliner di Jatim yang belum banyak berkontribusi dalam sektor wisata. Menurutnya, anak muda bisa mengambil peran untuk pengembangan kuliner.

"Contohnya, untuk industri olahan atau kuliner. Anak muda bisa memberikan ide dan gagasannya dalam memperkaya resep produk olahannya," urai kandidat pasangan Saifullah Yusuf ini.

"Misalnya, ada duren. Duren ini enaknya dikemas seperti apa, agar wisatawan yang hadir bukan hanya membawa duren dalam bentuk buah, namun dalam kemasan lain," lanjutnya.

Contoh lain, anak muda juga bisa memberikan ide dalam tata ruang wisata. Misalnya, dengan memperbanyak spot foto.

"Juga perlu adanya usulan ide supaya daerahnya bisa instagram-able, sehingga mereka yang datang bisa foto-foto," ujar mantan Anggota DPR RI yang membidangi sektor pariwisata ini.

Selain memberikan ide, generasi milenial juga akan didorong untuk menjadi eksekutor dalam menjalankan ide konsepnya. Mulai dari memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar pariwisata.

"Bagi pokdarwis (kelompok sadar wisata), ide-ide seperti itu sangat penting. Anak-anak muda ini bisa memberikan pelatihan kepada Ibu-ibu untuk membuat handycraft-nya," jelas ibu dua anak ini.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help