Lifestyle

Inilah Tiga Tips Cerdas Mengelola Gaji agar Tidak Cepat Habis

Saat menerima gaji kita biasanya tidak bisa menahan godaan untuk berbelanja barang-barang tertentu. pahal barang itu belum tentu diperlukan.

Inilah Tiga Tips Cerdas Mengelola Gaji agar Tidak Cepat Habis
istimewa
ilustrasi 

SURYA.CO.ID | JEMBER - Gajian adalah masa yang dinanti-nanti. Umumnya pada awal bulan para karyawawn menerima imbalan atas segala jerih payanya.

Saat menerima gaji kita biasanya tidak bisa menahan godaan untuk berbelanja barang-barang tertentu. Padahal barang itu tidak masuk dalam skala prioritas keperluan.

Alih-alih ingin menabung, karena godaan menghabiskan uang gajian untuk bersenang-senang dengan teman, hobi ataupun membeli barang-barang yang diimpikan bisa-bisa akan terus membayangi sepanjang bulan.

Namu, mengelola pendapatan (gaji) perlu dilakukan tips-tips khusus agar keuangan  dapat "survive" dalam sebulan.

Berikut tiga tips yang bisa Anda coba agar gaji tidak cepat berlalu.

1. Punya Asuransi Kesehatan
Punya asuransi kesehatan itu penting. Kenapa penting? Asuransi kesehatan sangat penting untuk setiap orang, karena tubuh kita tidak selalu sehat, penyakit bisa datang kapan saja. Jadi, dengan adanya asuransi, kesehatan anda dapat terjamin, dan ketika sakit sudah punya asuransi serta biaya kesehatan sudah tidak khawatir lagi. Hidup sehat itu mudah, paling efisien dan murah menjaga tubuh kita tetap sehat adalah harus selalu bahagia dan raji berolah raga. Jika tidak punya waktu, cukup sisihkan waktu 30 menit untuk olahraga.

2. Kreatif Kelola Kebutuhan Hidup

Kebutuhan hidup pokok seperti biaya makan minum, air, listrik, transportasi, dan rekreasi memang tidak bisa dipisahkan, namun anda bisa menekan pengeluaran dan usahakan sebesar 50% dari penghasilan.

Namun, apabila gaji anda hanya berpenghasilan sesuai UMR dan tidak memiliki penghasilan tambahan sama sekali. Bila kebutuhan anda tidak tercukupi anda bisa melakukan penurunan gaya hidup dan memikirkan berbagai alternatif.

Cara lain bisa dilakukan, yakni untuk makan sehari-hari bisa bisa membawa bekal makanan dari rumah untuk makan istirahat di kantor. Jika anda anak kos carilah referensi tempat makan murah meriah.

Untuk mobilisasi, anda bisa bawa kendaraan sediri, bersepeda contohnya, selain murah dan menyehatkan anda tidak harus pusing memikirkan kenaikan BBM dan membayar transportasi umum.

3. Sisihkan Uang untuk Menabung

Jangan memikirkan hidup untuk hari ini, pikirkan juga hari esok. Untuk itu, menabuh adalah hal wajib.

Bagaimana caranya? Sisihkan uang gaji minimal 20% dari gaji anda, kemudian masukkan kedalam rekening tabungan anda. Ingat tabungan ini jangan diambil dan pergunakan untuk masa depan.

Mengelola pengeluaran secara cermat memang mutlak harus dilakukan, godaan-godaan finansial rasanya perlu disingkirkan terlebih dahulu. Dengan begitu gaji tidak menjadi cepat berlalu. Selamat mencoba!

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved