Pilgub Jatim 2018

Sambangi Korban Banjir Jombang, Gus Ipul Ikut Masak di Posko hingga Bacakan Tahlil di Rumah Duka

Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengunjungi korban banjir di Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Kab Jombang, Jumat (23/2/2018).

Sambangi Korban Banjir Jombang, Gus Ipul Ikut Masak di Posko hingga Bacakan Tahlil di Rumah Duka
surya/bobby constantine
Gus Ipul ikut memasak di Posko Banjir. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengunjungi korban banjir di Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Kab Jombang, Jumat (23/2/2018) pagi.

Untuk diketahui, sebelumnya banjir telah melanda kawasan ini, Kamis (22/2/2018) pagi.

Kunjungan tersebut diawali dengan meninjau posko tanggap bencana yang berlokasi di Kantor Desa Gambiran. Di tempat itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini menyapa para pengungsi dan petugas yang berjaga di posko tersebut.

Ia juga menyempatkan untuk ikut masak di posko ini. "Ini masak apa? Oh enak sekali. Kokinya mantab," canda Gus Ipul kepada petugas yang sedang memasak di posko ini.

Di tempat ini, sebagian besar pengungsi telah pulang mengingat banjir juga telah surut.

Tak lama, kandidat nomor urut dua ini kemudian berpindah ke kediaman korban banjir yang masih hilang, yakni rumah Niko Arfani Ferdiansyah.

Di rumah duka, Gus Ipul menemui orang tua Niko, Saiful dan Chusnul. Mata Chusnul masih terlihat sembab, bekas menangis. Tak lama, ibu setengah baya ini tak kuasa membendung tangisannya.

Kepada Gus Ipul, ia menceritakan kali terakhir bertemu anak semata wayangnya itu. Saat banjir terjadi di sungai Catakbanteng, Nico yang berusia 16 tahun sedang bermain di sekitar bantaran sungai bersama teman-temannya.

Usai berbincang dengan sang ibu, Gus Ipul lantas mengajak warga yang datang untuk membacakan tahlil bersama. Gus Ipul memimpin langsung tahlilan tersebut. "Semoga korban bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat," ujar Gus Ipul sebelum memimpin doa.

Usai membacakan tahlil, Gus Ipul kemudian memberikan santunan. "Kita berduka. Ini adalah musibah. Kami ingin ikut meringankan beban keluarga," urainya.

Kandidat yang berpasangan dengan Cawagub, Puti Guntur Soekarno ini juga sempat memeriksa sungai yang sempat banjir itu dari ata jembatan.

Ia juga sempat berbincang dengan beberapa korban lain perihal bencana tersebut. Total ada 2.046 warga terkena dampak pada banjir ini. Sementara itu, 1.040 orang diantaranya mengungsi setelah banjir menggenangi rumahnya setinggi 1 meter lebih.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help