Pilkada 2018

Rembugan dengan Aktivis Kesenian, Puti Janjikan Gedung Hingga Festival Berskala Internasional

Calon Wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno, berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus terhadap budaya di Jawa Timur

Rembugan dengan Aktivis Kesenian, Puti Janjikan Gedung Hingga Festival Berskala Internasional
SURYAOnline/Bobby Constantine Koloway
Calon Wakil Gubernur Jatim, Puti Guntur Soekarno, menjadi pembicara pada acara Rembug Budaya Strategi Membangun Karakter Seni Budaya Jawa Timur", Sabtu (24/2/2018) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno, berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus terhadap budaya di Jawa Timur. Hal ini ia ungkapkan pada "Rembug Budaya Strategi Membangun Karakter Seni Budaya Jawa Timur", Sabtu (24/2/2018).

Menurut kandidat nomor urut dua ini, peningkatan pengembangan budaya akan berkorelasi dengan pertumbuhan pariwisata. Nantinya, hal ini tentu akan berdampak pada sektor ekonomi kreatif.

"Sehingga, memajukan kebudayan dan kesenian akan bertujuan untuk peningkatan pariwisata yang ada di Jawa Timur," ujar Puti pada acara "Rembug Budaya Strategi Membangun Karakter Seni Budaya Jawa Timur", Sabtu (24//2/2018).

Untuk merealisasikan hal tersebut, pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf ini menyiapkan beberapa langkah.

Pertama, pihaknya akan membuat pusat kebudayaan. Tak hanya di level provinsi, pusat kebudayaan ini juga diharapkan berjejaring hingga ke daerah.

"Pusat kebudayaan ini selain di tingkat provinsi, juga ada garis koordinatif dengan lembaga di kabupaten, kecamatan, hingga desa," ujar mantan Anggota DPR RI yang menangani masalah kebudayaan ini.

Kemudian, pihaknya juga akan mendorong sekolah-sekolah untuk mulai mengajarkan kearifan lokal. Misalnya, melalui ekstrakurikuler di sekolah.

Tujuannya, selain memberikan edukasi kepada generasi penerus, pendidikan juga diharapkan dapat melahirkan komunitas-komunitas kecil.

"Nantinya, pemerintah harus bisa mengangkat mereka dalam suatu wadah komunitas yang bisa berskala internasional," jelasnya.

Untuk mewadahi komunitas kesenian dalam menampilkan kebudayaannya, pemerintah provinsi juga akan membangun gedung khusus kesenian.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help