Pilgub Jatim 2018

Cara Unik Gus Ipul Apresiasi Kuliner Nusantara, Santap Nasi Sambel Wader Khas Majapahit di Trowulan

Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, memiliki cara unik untuk mengapresiasi masakan khas nusantara.

Cara Unik Gus Ipul Apresiasi Kuliner Nusantara, Santap Nasi Sambel Wader Khas Majapahit di Trowulan
surya/bobby constantine
Gus Ipul di warung Sambel Wader Mbak Tin Trowulan, Mojokerto. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, memiliki cara unik untuk mengapresiasi masakan khas nusantara. Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini tak segan untuk mampir di warung sederhana demi bisa menyantab masakan daerah.

Di antaranya, dengan menyantab sambel wader khas Majapahit di "Warung Mbak Tin", Mojokerto, Jumat (23/2/2018) siang. Warung ini berdiri di pinggir kolam Segaran Trowulan.

Dengan antusias, keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini melahap nasi Sambel Wader dari Warung yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini.

Gus Ipul memilih menu paket wader pedas lengkap tambah ikan kutuk. Ada juga bothok jeroan yang diambil Gus Ipul.

Sambil menahan pedas, Ketua PBNU ini mengaku sangat kagum dengan kekayaan kuliner Jawa Timur yang luar biasa beragam.

Gus Ipul pun mengacungkan dua jempol atas kelezatan wader goreng dari Warung Mbak Tin.

"Mantab dan dahsyat rasanya. Khas wader sungai. Kalau pas lewat kapan-kapan saya akan mampir lagi," ujar mantan ketua GP Ansor dua periode ini.

Hampir disetiap kunjungan ke daerah, Gus Ipul selalu menyempatkan mampir ke Warung-Warung sederhana di pinggiran jalan. Bagi Gus Ipul, Warung rakyat kaki lima tidak pernah kalah lezat dibandingkan makanan di restoran mahal.

Di Trowulan, Warung wader khas Majapahit memang banyak berdiri khususnya di pinggiran kawasan wisata Segaran Majapahit.

Salah satu warung yang menyediakan menu wader ini adalah Warung Bu Tin. Warung ini terletak di Jalan Pendopo Agung, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tepatnya di sebelah barat Kolam segaran atau tepat disebelah utara Pusat Informasi Majapahit (PIM).

Di sini pembeli akan disediakan menu andalan yaitu Sambel Wader. Yakni ikan wader yang di goreng kering. Dengan dilengkapi sambal trasi segar, lengkap dengan lalapan mentimun dan daun kemangi.

Di awal berdiri, ikan wader diambil dari Segaran. "Pada awalnya, dulu mengambilnya (ikan wader) dari Segaran. Dulu kalau segaran pas airnya surut, tidak ada yang mau mengambil ikan wader itu, karena terlalu kecil," ujarnya.

“Jadi dulu wadernya memang asli diambil dari Segaran. Kalau sekarang juga sebenarnya masih banyak, namun sudah sulit untuk didapatkan. Jadi saat ini untuk pemasokan ikan-ikan tersebut mengambil dari rolak atau dari daerah lain ,” imbuh ibu 3 anak ini.

Sementara itu Rukiatin mengaku senang warungnya didatangi Gus Ipul. Dia berharap sosok seperti Gus Ipul yang tidak pernah mengambil jarak dengan masyarakat bisa terpilih menjadi Gubernur.

"Gus Ipul itu mudah akrab, tidak mengambil jarak, bisa salaman dan saya ajak selfie," ujar Rukiatin.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help