Citizen Reporter

Lompat Dulu Sebelum Baca

Menyebar uang kertas menjadi viral. Komunitas yang ini juga menyebar... info tentang baca buku gratis. Jika viral, alangkah senangnya.

Lompat Dulu Sebelum Baca
ist

Ada yang sedikit berbeda dari di kawasan Ijen, Malang, Minggu (18/2/2018). Di sebelah kanan gereja Ijen terdapat gelaran lapak baca gratis.

Siapa saja boleh singgah dan membaca di lapak yang dibuka komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Malang.

Lapak baca gratis itu menyediakan beragam buku mulai dari buku anak-anak sampai buku-buku fiksi. Setiap pengunjung car free day itu diperbolehkan membaca buku-buku di sana sebanyak yang mereka mau.

Uniknya, di lapak juga terdapat ular tangga raksasa yang dapat dimainkan siapa saja. Itu inovasi menarik dari komunitas GPAN Malang untuk menggaet anak-anak mendatangi lapak mereka.

Caca, siswa kelas 1 SD yang datang ke lapak langsung bermain ular tangga. “Saya main ular tangga dulu, lalu baca majalah Bobo,” katanya.

Caca datang bersama ibunya. Ia suka sekali membaca majalah Bobo.

Bersama Caca, ada Ayu. Gadis kecil yang duduk di bangku TK B pun itu juga ingin bermain ular tangga dulu. Setelah itu, baru ia mulai membaca salah satu buku anak-anak yang disediakan.

Tidak hanya itu, komunitas GPAN Malang juga menyediakan buku-buku bergambar untuk diwarnai. Itu membuat anak-anak yang datang tidak sekadar bisa menikmati fasilitas baca gratis, tetapi juga dapat mewarnai buku yang mereka suka. Yang lebih menyenangkan, mereka diperbolehkan membawa pulang hasil gambarnya.

“Kegiatan ini kami namakan Galeri Baca yang diadakan dua minggu sekali. Kami perlu membudayakan membaca di mana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun. Selain itu, kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat, ya meskipun tidak bisa langsung drastis. Selain itu, juga untuk menjembatani masyarakat yang suka membaca, tetapi terbatas akses bahan bacaan,” ujar Fahmi yang menjadi koordinator kegiatan.

Selain itu, selama mengurus perizinan kegiatan ini, pengelola CFD Ijen pun menyambut baik usulan lapak baca gratis. Pihak pengelola yang menyarankan penempatan lapak baca di sebelah kanan gereja Ijen karena tempat itu sangat strategis dan menjadi jalan masuk dan keluar pengunjung CFD.

Dua minggu lagi, ketika mengunjungi CFD, mari sempatkan untuk mendatangi lapak teman-teman GPAN Malang. Mari membaca bersama.

Windy Agustin Alicia Putri
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help