Ajak Anak Muda Zaman Now Jadi Filantropi, Dua Mahasiswa UK Petra Ini Kembangkan Ide Doview

Ide donasi itu diberi nama 'doview' kependekan dari Donate By View, atau beramal menggunakan hasil view sosial media youtube.

Ajak Anak Muda Zaman Now Jadi Filantropi, Dua Mahasiswa UK Petra Ini Kembangkan Ide Doview
surya/sulvi soviana
Joy Gloria Harendza dan Nita Elviani Limman, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra saat menjelaskan “doview” (Donate By View) pada mahasiswa di perpustakaan kampus UK Petra, Kamis (22/2/2018) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menumbuhkan jiwa sosial dengan rutin berdonasi bukan perkara mudah. Terlebih di kalangan anak muda, masih sulit untuk mengajak beramal.

Melihat hal ini, dua orang mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra Joy Gloria Harendza dan Nita Elviani Limman, menggagas ide berdonasi untuk anak-anak muda zaman now.

Ide donasi itu diberi nama 'doview' kependekan dari Donate By View, atau beramal menggunakan hasil view sosial media youtube.

"Ide ini menyasar donatur dari kalangan youtuber. Lebih tepatnya, donasi dari hasil viewer channel youtube seseorang. Tidak perlu banyak, 10 persen saja sudah lebih dari cukup," kata Joy, Kamis (22/2/2018).

Tidak ada syarat khusus bagi youtuber yang mau berdonasi. Karena youtuber biasanya hanya pekerjaan sampingan, sehingga mendonasikan 10 persen tidak akan begitu mempengaruhi youtuber yang punya pekerjaan tetap lainnya.

"Jadi bukan dalam bentuk real money dari youtuber itu melainkan hasil monetize (uang yang didapat dari banyaknya sbscribe dan viewer sebuah chanel youtube) seseorang,"

Joy menerangkan pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Pita Kuning Anak lndonesia (Pita Kuning). Yayasan ini memiliki legalitas dan berbagai program kampanye.

Joy mengajak youtuber terkenal untuk menggunakan hashtag #SAYAPITAKUNING dan mengucapkan kalimat hastag itu saat merekam maupun memposting video di chanel youtuber tersebut.

Hashtag ini digunakan sebagai penanda bagi para Youtubers yang berpartisipasi dalam kampanye ini.

"Dengan demikian, kaum muda, khususnya youtubers sudah bisa menjadi seorang filantropi," ujarnya.

Atas ini, Joy dan Nita berhasil meraih predikat Gold pada kompetisi Award Citra Pariwara 2017 kategori BG yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan lndonesia (P3l) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved