Otot Lengan Kencang dengan Gerakan Berpasangan

Dengan lengan kencang dan berotot, maka akan memengaruhi penampilan. Ini cara untuk mendapatkan lengan kencang

Otot Lengan Kencang dengan Gerakan Berpasangan
SURYA Online/Sudharma Adi
Couple dips leg rises 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setiap laki-laki dan perempuan pasti ingin memiliki lengan yang kencang dan berotot. Dengan lengan kencang dan berotot, maka akan memengaruhi penampilan. Untuk mendapatkan lengan kencang, latihan tak harus menggunakan alat. Sahabat atau teman bisa menjadi pasangan yang saling bantu untuk membentuk lengan kencang, dengan arm couple movement.

Trainer gym 20fit, Burhan Kusuma menjelaskan, lengan adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam beraktivitas. Lengan juga adalah bagian tubuh yang memengaruhi penampilan, sehingga perlu dilatih.

“Lengan sangat perlu dilatih agar aktivitas lebih ringan. Bagi pria, lengan sangat perlu dibentuk agar berotot. Sedangkan bagi perempuan, melatih lengan perlu agar kencang, tak bergelambir dan mencegah osteoporosis,” paparnya.

Untuk mendapatkan lengan kencang dan berotot, maka banyak variasi latihan yang bisa dioptimalkan, terutama menggunakan pemberat seperti dumble. Hanya saja, jika tak ada dumble, maka latihan dengan teman untuk mendapatkan lengan berotot bisa dioptimalkan. Kerjasama dan saling bantu saat berlatih jadi peran penting supaya latihan berhasil. “Teman atau pasangan hidup bisa dijadikan partner berlatih,” ujarnya.

Ada lima gerakan pembentuk otot lengan yang bisa dilakukan berdua atau berpasangan. Supaya optimal, maka setiap gerakan bisa dilakukan berdurasi 20-30 detik. Dengan memakai interval training dengan durasi tertentu, maka tiap gerakan bisa diulang tiga kali. “Setiap kali melakukan gerakan, maka ada istirahat selama 20-30 detik, baru dilanjut gerakan berikutnya. Agar ada manfaat, maka latihan dilakukan minimal tiga kali seminggu,” tandasnya.

Adapun lima gerakan pembentuk otot lengan yang bisa dilakukan berpasangan adalah :

1.Couple dips leg rises
Posisi kedua orang terlentang dengan kedua tangan menumpu di belakang. Kemudian kedua kaki ditekuk dan saling bersentuhan. Setelah itu turunkan badan dengan siku. Ini berguna untuk melatih otot trisep.

2.Couple dips and toss
Posisi kedua orang terlentang dan tangan menumpu di belakg dan kaki ditekuk. Setelah itu menurunkan bokong dan ayunkan tangan ke samping dan saling menepuk tangan pasangannya. Ini juga berguna melatih otot trisep.

3.Couple squat single bicep curl
Posisi kedua orang berdiri dan saling menempelkan dan tangan saling genggam. Setelah itu jatuhkan badan dengan tangan satunya menyentuh matras dan posisi squat. Kemudian, pegangan tangan diluruskan, lalu tarik hingga ke posisi berdiri sambil pegang bahu pasangan. Ini memperkuat otot bisep.

4.Couple half plank hand clap
Posisi badan telungkup dengan tumpuan siku yang lurus dan ujung kaki, serta posisi badan lurus. Setelah itu julurkan satu tangan ke depan dan saling menepuk dengan tangan pasangan.

5.Couple push up and bicep curl
Salah satu pasangan posisi telungkup seperti push up dengan kedua kaki dipegang partner pada posisi berdiri. Setelah itu, partner yang berdiri dan memegang kaki, melakukan squat dan menaikturunkan kaki. Begitu pula partner yang telungkup, lakukan gerakan push up.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help