Berita Surabaya

Albothyl Dibekukan Izinnya, ini Obat Sariawan yang Dianjurkan BPOM

Albothyl tidak boleh digunakan pada kulit,telinga, hidung dan tenggorokan, sariawan dan gigi.

Albothyl Dibekukan Izinnya, ini Obat Sariawan yang Dianjurkan BPOM
ALODOKTER
Albothyl dalam beberapa iklannya mengklaim dapat menyembuhkan sariawan. 

SURYA.co.id - Kabar adanya kandungan berbahaya di obat Albothyl meresahkan masyarakat akhir-akhir ini.

Kabar ini bermula dari adanya surat edaran Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) tentang bahaya policresulen dalam kandungan Albothyl.

Setelah berita ini viral, akhirnya mengeluarkan pernyataan resminya. 

BPOM menyebut bahwa dalam pemantauannya selama 2 tahun terakhir, sudah ada 38 laporan dari profesional kesehatan yang menerima pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl untuk pengobatan sariawan.

Efek samping antara lain sariawan yang membesar dan berlubang hingga menyebabkan infeksi (norma like lession).

Karena laporan-laporan kasus tersebut, BPOM bersama dengan ahli farmakologi dan klinisi telah melakukan pengkajian aspek keamanan obat ini.

"Diputuskan tidak boleh digunakan sebagai hemostatik dan antiseptik pada saat pembedahan serta penggunaan pada kulit (dermatologi); telinga, hidung dan tenggorokan (THT); sariawan (stomatitis aftosa); dan gigi (odontologi)," tulis rilis dari BPOM yang diterima Kompas.com, Kamis (15/02/2018).

Atas temuannya ini, sekarang BPOM telah membekukan izin edar Albothyl dalam bentuk cairan obat luar konsentrat hingga indikasi yang diajukan disetujui.

Tak hanya Albothyl, produk sejenis akan mendapat perlakukan yang sama.

"Selanjutnya kepada PT. Pharos Indonesia (produsen Albothyl) dan industri farmasi lain yang memegang izin edar obat mengandung policresulen dalam bentuk sediaan cairan obat luar konsentrat diperintahkan untuk menarik obat dari peredaran selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Pembekuan Izin Edar," tulis BPOM.

Halaman
12
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help