East Java Travel Guide

Inilah Eksotisme "Surga" Tersembunyi di Kabupaten Jember

Kabupaten Jember, Jawa Timur menyimpan eksotisme "surga" yang tersembunyi. Surga tersebut berada di kawasan...

Inilah Eksotisme
SURYAOnline/Erwin Wicaksono
Pantai Pasir Putih 

SURYA.co.id | JEMBER - Angin sepoy-sepoy khas pantai membawa kesan santai di siang itu. Ombak silih berganti menyapu bibir pantai, terdengar suara deras ombak, menciptakan suasana damai.

Letaknya yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, membuat tempat ini terbebas dari polusi kota yang setiap hari membelenggu. Maka dari itu jika anda membutuhkan tempat baru untuk relaks sejenak dari segala aktifitas, tempat ini adalah jawaban bagi anda.

Kabupaten Jember, Jawa Timur menyimpan eksotisme "surga" yang tersembunyi. Surga tersebut berada di kawasan Pantai Papuma Jember. Bagi wisatawan yang pertama kali datang, pasti akan terkesima dengan eksotisme Pantai Papuma. Pantai Tanjung Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer arah selatan dari pusat keramaian Kabupaten Jember.

Untuk dapat menuju lokasi, membutuhkan perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Namun, saat memasuki kawasan pantai, anda akan disambut oleh jalanan menaiki bukit, diperlukan konsentrasi dan ekstra hati-hati karena kondisi jalanan tidak rata dan disertai lubang. Jalanan juga dapat menjadi licin ketika hujan tiba maka dari itu, diperlukan konsentrasi tinggi.

Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma, ya karena letaknya yang menjorok laut dan disebut sebagai tanjung.

Pantai Malikan
Pantai Malikan (SURYAOnline/Erwin Wicaksono)

Tanjung adalah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan Papuma berasal dari akronim "Pasir Putih Malikan".

"Jadi Malikan itu adalah nama yang diberikan oleh Perhutani setelah mulai membuka lokasi wisata ini" tutur Edi, salah satu penjaga Pantai Papuma kepada wartawan Harian Surya.

Edi menambahkan, Pantai Papuma ini sekitar 7 tahun silam kawasan ini tidak terawat dan akses sangat susah. Namun siapa sangka saat ini masalah infrastruktur mulai dibenahi. "Dulu parah mas jalannya ya mungkin motor aja susah nyampe sini ya harapannya kedepan kepada Pemerintah Jember akses jalan ke Papuma harus banyak diperbaiki, supaya semakin bagus" tambah Edi.

Sebelum memasuki kawasan pantai kita akan melewati wisata hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved